Sukses


Daftar Fasilitas Training Center Timnas Indonesia di IKN: Venue Latihan hingga Riset

Bola.com, Penajam Paser Utara - Presiden RI, Jokowi, mengatakan bahwa pusat pelatihan Timnas Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, yang dinamakan "National Training Center" akan berisikan pusat inovasi pengembangan sepak bola Indonesia, riset, dan pengujian teknologi terbaru dalam dunia si kulit bundar.

Jokowi bersama Ketua PSSI, Erick Thohir, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Dito Ariotedjo, hingga FIFA Regional Director Asia Oceania, Sanjeevan C Balasingam, baru saja meresmikan pembangunan training center Timnas Indonesia di IKN pada Jumat (22/9/2023) pagi WITA.

"Tempat ini tidak hanya sebagai pusat pelatihan, tetapi juga pusat inovasi pengembangan sepak bola Indonesia dan memfasilitasi riset serta pengujian teknologi terbaru sepak bola," ujar Jokowi di YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (22/9/2023).

FIFA melalui programnya, FIFA Forward, turut membiayai pusat pelatihan Timnas Indonesia di IKN sebesar Rp85,6 miliar. Sementara, pemerintah menganggarkan Rp95 miliar. Jadi, totalnya Rp180,6 miliar.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Infrastruktur dan Fasilitas Pendukung Lainnya

Training center Timnas Indonesia berada di atas lahan IKN seluas 34,5 hektar yang berisikan delapan lapangan beserta infrastruktur dan fasilitas pendukung lainnya seperti asrama, kolam renang, hingga sport science.

Delapan lapangan latihan itu meliputi lima lapangan besar, satu lapangan futsal, satu lapangan tertutup, dan satu lapangan sepak bola pantai.

"Kita tahu bahwa negara kita telah memiliki banyak stadion bertaraf internasional, tetapi belum memiliki tempat latihan yang terpusat dan terintegrasi," ucap Jokowi.

3 dari 4 halaman

Fase Pertama

"Sehingga, Timnas Indonesia kalau latihan berpindah-pindah. Pusat pelatihan ini akan dilengkapi dengan asrama dan lingkungan yang sangat indah dan cantik," terang Jokowi.

Untuk pembangunan fase pertama training center Timnas Indonesia di IKN, akan didirikan dua lapangan dan tempat penginapan untuk pemain serta pelatih yang ditargetkan rampung selama enam bulan.

"Saya berterima kasih kepada FIFA atas kepercayaan dan dukungan yang diberikan dengan memberikan pendanaan FIFA Forward yang terbesar di Asia Tenggara sebesar Rp85,6 miliar kepada PSSI," tutur Jokowi.

4 dari 4 halaman

Kalau Uangnya Kurang, Ditambah

"Dukungan dari pemerintah juga tidak kecil yaitu sebesar Rp95 miliar. Yang sudah disetujui. Nanti kalau kurang, ditambahi. Sehingga pusat pelatihan untuk sepak bola ini segera bisa diselesaikan," ungkap Jokowi.

"Saya yakin sepak bola Indonesia dengan adanya pusat pelatihan ini jika didukung manajemen yang baik, sarana dan prasarana yang memadai, serta kecintaan masyarakat indonesia kepada sepak bola, saya yakin dan optimistis akan mampu membawa menyaksikan Timnas Indonesia tidak hanya juara di Asia Tenggara."

"Tapi akan segera mendunia. Dengan mengucap bismillah, groundbreaking National Training Center secara resmi saya nyatakan dimulai. Terima kasih," terang Jokowi mengakhiri.

Video Populer

Foto Populer