Sukses


Training Center Timnas Indonesia di IKN Mulai Dibangun, Begini Respons Presiden FIFA

Bola.com, IKN - Presiden FIFA, Gianni Infantino, menyambut antusias pembangunan pusat latihan Timnas Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Jumat (22/9/2023). Gianni Infantino mengucapkan selamat kepada Presiden Joko Widodo yang telah melakukan peletakan batu pertama dalam pembangunan itu.

Ucapan itu diberikan Gianni Infantino melalui video karena sedang berada di New York, Amerika Serikat. Ucapan dari Gianni Infantino diputarkan setelah peresmian groundbreaking dilakukan Presiden Joko Widodo.

"Pak Presiden Joko Widodo, Pak Erick Thohir, dan rekan-rekan. Suatu kebanggaan bagi saya untuk menyampaikan beberapa hal dalam kesempatan yang baik ini terkait groundbreaking pemusatan latihan Timnas di Indonesia. Saya di sini mengucapkan selamat kepada Anda semua. Terima kasih Presiden Joko Widodo, terima kasih Indonesia," kata Gianni Infantino.

Pembangunan pusat latihan Timnas Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN) menggunakan dana hibah dari FIFA melalui program FIFA Forward senilai Rp85,6 miliar. Adapun Pemerintah Indonesia juga memberikan dana hingga Rp95 miliar.

2 dari 3 halaman

Siap Berkunjung

Gianni Infantino menilai, apa yang dilakukan Pemerintah Indonesia dengan memaksimalkan dana hibah FIFA Forward sudah luar biasa. Gianni Infantino pun tak sabar untuk bisa mengunjungi pusat latihan Timnas Indonesia di IKN tersebut.

"Apa yang Anda lakukan sangat fantastis. Tempat pemusatan latihan itu akan memberikan dampak yang besar bagi sepak bola di negara Anda, dan juga tentu Asia Tenggara," ucap Gianni Infantino.

"Saya tak sabar untuk bisa berkunjung ke Indonesia secepatnya karena akan menjadi tuan rumah ajang Piala Dunia U-17 2023. Tentu, saya akan hadir di sana dalam acara pembukaan dan penutupan sekaligus untuk menghabiskan waktu bersama Anda semua. Saya juga akan mengunjungi tempat pemusatan latihan yang hebat itu," jelas Gianni Infantino.

3 dari 3 halaman

Ucapkan Terima Kasih

Presiden Jokowi tak lupa mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan FIFA. Menurut Jokowi, pusat pelatihan Timnas Indonesia ini nantinya akan juga akan menjadi pusat inovasi pengembangan sepak bola Indonesia dan fasilitas riset serta pengujian teknologi terbaru.

"Saya berterima kasih kepada FIFA atas kepercayaan dan dukungan yang diberikan dengan memberikan pendanaan FIFA Forward yang terbesar di Asia Tenggara sebesar Rp85,6 miliar kepada PSSI," ucap Jokowi.

"Kami harapkan nanti yang latihan di sini menjadi betah. Jauh dari keramaian, tidak seperti Jakarta. Pagi latihan, malam tidak latihan. Kalau di sini, malam tetap latihan. Tempat ini tidak hanya sebagai pusat pelatihan, tapi juga pusat inovasi pengembangan sepak bola indonesia dan memfasilitasi riset serta pengujian tekonologi terbaru dalam sepak bola," jelas Jokowi.

Video Populer

Foto Populer