Sukses


Adu Mekanik Indra Sjafri Vs Timur Kapadze saat Timnas Indonesia U-24 Hadapi Uzbekistan pada 16 Besar Asian Games 2022

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-24 bakal menemui lawan kuat pada 16 besar Asian Games 2022, Kamis (28/9/2023), yakni Uzbekistan, di Shangcheng Sports Centre Stadium, Hangzhou, China.

Timnas Indonesia U-24 lolos sebagai tim peringkat ketiga terbaik pada fase grup Asian Games 2022. Bertemu dengan tim kuat jadi sesuatu yang tak terelakkan.

Kepastian itu didapat setelah Timnas Indonesia U-24 kalah dari Korea Utara pada laga pemungkas Grup F. Sementara Kirgistan di luar dugaan menang 4-1 atas Chinese Taipei dan lolos sebagai runner-up.

Uzbekistan, sebaliknya, berstatus juara Grup C. Meski cuma bertanding dua kali selama fase grup karena dua tim lainnya mengundurkan diri, kekuatan tim dari selatan Asia ini sangat berbahaya.

Itu tak lepas dari peran Timur Kapadze selaku pelatih kepala Uzbekistan. Ia juga berpengalaman sebagai pemain Timnas Uzbekistan, sehingga tahu betul apa saja yang diperlukan oleh sepak bola di negaranya.

Timnas Indonesia U-24 juga punya pelatih yang tak kalah mumpuni, yakni Indra Sjafri. Meski tak pernah membela tim nasional, sosok yang dikenal jago mengorbitkan pemain ini tetap layak bersanding di antara nama-nama tenar di persepakbolaan Tanah Air.

 

2 dari 6 halaman

Pernah Bawa Uzbekistan ke Final Piala Asia U-23 2022

Timur Kapadze mulai diperhitungkan sebagai pelaih berpotensial di Benua Kuning berkat suksesnya mengantar Uzbekistan U-23 menjadi runner-up Piala Asia U-23 2022.

Ia dan anak asuhnya takluk 0-2 pada final dari Arab Saudi.

Sama seperti Timnas Indonesia U-23, Uzbekistan U-23 juga berhasil lolos ke Piala Asia U-23 2023. Bedanya, catatan gol tim berjulukan Young White Wolves itu sungguh fantastis.

Selama fase kualifikasi, Kapadze memimpin anak asuhnya mencetak 19 gol dan cuma kebobolan satu kali saja. Afghanistan dibabat 8-1, sedangkan Hong Kong disikat 10-0.

Bahkan pada laga ketiga Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 melawan tim kuat Iran, Uzbekistan mampu menang 1-0.

 

3 dari 6 halaman

Doyan Taktik Menyerang

Satu hal yang wajib diwaspadai Timnas Indonesia U-24 adalah Kapadze gemar memainkan sepak bola menyerang. Pelatih berlisensi A UEFA itu doyan menggunakan formasi 4-3-3 attacking.

Tidak heran jika pada lima pertandingan terakhir yang seluruhnya dimenangkan oleh Uzbekistan, sebanyak 22 gol berhasil mereka cetak dan cuma kebobolan dua kali saja.

Satu hal lagi, Kapadze menemani timnya di Asian Games 2024 dengan membawa kekuatan penuh. Mayoritas pemainnya adalah mereka yang ikut berlaga pada Kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

 

4 dari 6 halaman

Persiapan Seadanya, Beban Sebenarnya

Timnas Indonesia U-24 sudah menyelesaikan tiga pertandingan di Grup F Asian Games 2022. Dari tiga laga itu, Tim Garuda Muda hanya menang sekali atas Kirgistan, dan kalah dari Chinese Taipei dan Korea Utara.

Pencapaian Tim Garuda Muda sebenarnya layak mendapatkan kredit tersendiri. Timnas Indonesia U-24 memiliki persiapan yang seadanya jelang berlaga di Asian Games 2022.

Selain itu, Indra Sjafri juga memiliki keterbatasan pilihan pemain. Banyak pemain berkualitas yang tak bisa berlaga untuk Timnas Indonesia U-24 di Hangzhou.

Ramadhan Sananta bahkan baru bergabung karena disibukkan dengan agenda Persis Solo di BRI Liga 1.

 

5 dari 6 halaman

Tetap Istimewa

Kendati serbaterbatas, Indra Sjafri layak diapresiasi. Keberhasilan Timnas Indonesia U-24 lolos dari babak grup Asian Games 2022 menjadi pencapaian tersendiri.

Ini adalah kali kedua baginya membawa tim kelompok umur melaju ke fase knock-out turnamen level Asia. Sebelumnya, Timnas Indonesia U-19 yang dipimpin Indra Sjafri melaju ke perempat final Piala Asia U-19 2018, namun terhenti karena kalah 0-2 dari Jepang.

Padahal, jika mampu membungkam Jepang, Timnas Indonesia U-19 berhak melaju ke putaran final Piala Dunia U-19 2019 yang berlangsung di Polandia.

 

6 dari 6 halaman

Tiga Gelar Juara

Selain itu, Indra Sjafri sejauh ini menjadi satu di antara pelatih tersukses di Indonesia. Pelatih berusia 60 tahun itu sudah memberikan tiga gelar untuk sepak bola kelompok umur Indonesia.

Indra memimpin Timnas Indonesia U-19 menjadi juara Piala AFF U-19 2013. Tak hanya itu, Timnas Indonesia U-22 juga pernah ia bawa menjadi juara Piala AFF U-22 2019.

Terbaru, Indra Sjafri juga sukses membawa Timnas Indonesia U-22 menjadi juara di ajang SEA Games 2023.

Video Populer

Foto Populer