Sukses


Analisis Strategi Saat Timnas Indonesia U-24 Dikalahkan Uzbekistan di Asian Games 2022: Perubahan Keliru di Perpanjangan Waktu

Bola.com, Jakarta - Perjalanan Timnas Indonesia U-24 di Asian Games 2022 resmi berakhir. Garuda Muda takluk 0-2 dari Uzbekistan lewat perjuangan luar biasa hingga masa tambahan waktu.

Pada laga yang berlangsung di Stadion Pusat Olahraga Shengcheng, Cina, Kamis (28/09/2023) sore WIB, anak asuh Indra Sjafri tampil percaya diri. Kehadiran M. Ramadhan Sananta jadi alasannya.

Penyerang asal klub Persis Solo itu memang baru bergabung pada fase gugur. Ia terpaksa absen selama babak grup lantaran klubnya membutuhkan jasanya.

Timnas Indonesia U-24 sejatinya mampu mengimbangi Uzbekistan di babak pertama. Mereka tak kalah meyakinkan sekalipun tak mampu mengemas tembakan ke arah gawang.

Tetapi di babak kedua, Uzbekistan berhasil memukul mundur Rizky Ridho dkk. Setidaknya 16 tembakan dibuat Young White Wolves dengan delapan di antaranya mengarah ke gawang.

Namun, Ernando Ari menepis sejumlah kesempatan tersebut untuk memaksakan pertandingan berlanjut ke masa tambahan waktu.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Perubahan Taktikal Jadi Pembeda

Pelatih Timnas Indonesia U-24 Indra Sjafri lantas membuat perubahan di awal tambahan waktu. Demi mencegah terjadinya gol yang tak diinginkan, ia menarik keluar Taufany Muslihuddin untuk digantikan Kadek Arel.

Tetapi keputusan tersebut justru memberikan celah di ruang antar lini Indonesia. Serzod Esanov yang juga baru dimasukkan berhasil memanfaatkan hal tersebut untuk membuat gol pembuka bagi Uzbekistan.

Harapan sempat muncul saat Ramadhan Sananta berhasil menjebol gawang Vladimir Nazarov. Namun, hakim garis membuyarkan impian seluruh masyarakat Indonesia mendapatkan gol penyama kedudukan.

 

 

3 dari 3 halaman

Kartu Merah Hugo Samir

Uzbekistan yang menyadari harus segera mengunci kemenangan membuat perubahan penting di babak kedua masa tambahan waktu.

Dua tenaga baru disiapkan untuk berjibaku di tengah dan mengiris pinggir lapangan. Apes, Indonesia yang membutuhkan seluruh kekuatan justru ditinggal Hugo Samir.

Pemain asal klub Borneo FC Samarinda itu terpancing emosinya dan terlihat menyikut salah satu pemain Uzbekistan.

Bermain dengan 10 pemain, Garuda Muda tak kuasa lagi menahan gempuran pemain Uzbekistan yang tampil efektif dengan tiga tembakan ke arah gawang.

Serzod Esanov mencetak brace sekaligus menutup pertarungan melelahkan ini.

Video Populer

Foto Populer