Sukses


Hugo Samir Diserang Netizen Setelah Dikartu Merah di Timnas Indonesia U-24: Jangan Hujat Keluarga Saya

Bola.com, Hangzhou - Winger Timnas Indonesia U-24, Hugo Samir, dihujat netizen setelah dikartu merah ketika menghadapi Timnas Uzbekistan U-24 di babak 16 besar Asian Games 2022 China.

"Bagi yang mau menghujat atau mau rasial ke saya saja, jangan ke orang tua saya. Sebab, ini ulah saya, bukan orang tua saya," ujar Hugo Samir lewat akun Instagramnya, @hugosamir28, Jumat (29/9/2023).

"Yang salah saya bukan keluarga saya, Jadi tolong jika ingin menghujat ke saya saja," imbuh pemuda yang masih berusia 18 tahun tersebut.

Timnas Indonesia U-24 takluk 0-2 dari Uzbekistan U-24 lewat perpanjangan waktu dalam babak 16 besar Asian Games 2022 di Shangcheng Sports Centre Stadium, Hangzhou, Kamis (28/9/2023).

2 dari 6 halaman

Kartu Merah Hugo Samir

Tim berjulukan Garuda Muda itu kebobolan dua kali oleh pemain Uzbekistan U-24, Sherzod Esanov, pada menit ke-92 dan ke-120+1.

Timnas Indonesia U-24 sebenarnya sempat mencetak gol melalui Ramadhan Sananta pada menit ke-110, namun dianulir oleh wasit Mohammed Ahmed Al-Shammari asal Qatar akibat terjebak dalam posisi offside.

Tiga menit berselang, Hugo Samir diusir keluar wasit Ahmed Al-Shammari akibat berkontak fisik dengan bek Uzbekistan U-24, Makhmudjon Makhamadjonov.

3 dari 6 halaman

Indikasi Rasial

Sementara itu, ayah dari Hugo Samir, Jacksen Tiago, mengindikasikan adanya tindakan rasialisme dari warganet buntut kartu merah Hugo Samir di Timnas Indonesia U-24.

"Mereka menyebut kami monyet. Tapi, saya yakin mereka semua ingin memiliki kehidupan indah dan kesuksesan hidup kami," ujarnya lewat akun Instagram @jt_jacksen_f_tiago_coach, Kamis (28/9/2023).

"Manusia tidak pernah melempar batu ke pohon yang tidak berbuah," kata Jacksen dengan mengunggah foto dua ekor monyet dan menandai dua akun Instagram @tuakmanis5 dan @mohammadkabir91. "Sedikit rasis," ungkapnya.

4 dari 6 halaman

Nasihat dari Jacksen Tiago

Selain itu, Jacksen juga menasihati putranya dan memintanya untuk belajar dari kesalahan. Bukan kali ini saja Hugo Samir tersangkut kasus attitude.

"Beberapa hari yang lalu, kamu merasakan manisnya saat dipuji," ujar Jacksen Tiago via akun Instagramnya, @jt_jacksen_f_tiago_coach, Kamis (28/9/2023).

"Saat ini, adalah saat kamu merasakan pahitnya kalau dicaci," jelas Jacksen Tiago, yang notabene adalah ayah dari Hugo Samir itu.

5 dari 6 halaman

Sempat Dieluk-elukan

Nama Hugo Samir sempat dieluk-elukan ketika mencetak satu dari dua gol Timnas Indonesia U-24 kala menang 2-0 dari Timnas Kirgistan U-24 dalam partai pertama Grup F Asian Games 2022 pada 19 September 2023.

Sekarang, situasinya berubah 180 derajat. Pemuda berusia 18 tahun itu malah menjadi bulan-bulanan netizen.

"Hidup ini keras, pria kecil. Hanya yang terkuat yang bisa bertahan. Belajarlah dari kesalahan Anda atau Anda akan mati saat mencoba," tutur mantan Jacksen Tiago.

6 dari 6 halaman

Dihukum Setahun

Pada November 2021, Hugo Samir pernah dihukum setahun plus denda Rp5 juta oleh Komite Disiplin (Komdis) PSSI ketika masih bermain untuk Bhayangkara FC U-18 di Elite Pro Academy (EPA) U-18.

Hugo Samir harus menerima sanksi berat itu karena menendang wasit. Saat ini, pemain berdarah Brasil tersebut tengah membela Borneo FC Samarinda pinjaman dari Persis Solo.

Video Populer

Foto Populer