Sukses


Proses Naturalisasi Berjalan, Jay Idzes Selangkah Lebih Dekat Memperkuat Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Jay Idzes selangkah lebih dekat untuk membela Timnas Indonesia. Naturalisasi bek Venezia itu terus diproses PSSI.

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, menjelaskan perpindahan kewarganegaraan Jay Idzes telah diteruskan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI.

Jay Idzes sudah datang ke Indonesia pada awal September 2023 ketika periode FIFA Matchday. Pemain kelahiran Geldrop-Mierlo, Belanda, itu menemui Ketua PSSI, Erick Thohir.

"Harus dilihat. Banyak yang tidak mengerti proses naturalisasi. Naturalisasi membutuhkan kehadiran fisik pemain," ujar Arya.

-

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Penjelasan Arya Sinulingga

"Jadi, ketika ada proses administrasi, harus datang ke Indonesia. Kehadiran mereka itu biasanya pada saat FIFA Matchday ketika klubnya tidak bermain," tutur Arya.

"Administrasinya sekarang, kemarin sudah beres dari Kedutaan Besar Belanda. Kemudian dari rekomendasi Kemenpora, sekarang masuk ke Kemenkumham," imbuh Arya.

Arya mengungkapkan bahwa dari Kemenkumham, naturalisasi Jay Idzes bakal diproses Kementerian Sekretariat Negara (Kemensesneg) RI, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Presiden RI, hingga penerbitan Keputusan Presiden (Keppres).

3 dari 4 halaman

Garis Keturunan Jay Idzes

Sesudah itu, Jay Idzes akan melakukan pengambilan sumpah kewarganegaraan di Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham dan sah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Setelah menyandang status WNI, Jay Idzes mesti berpindah asosiasi dari Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) ke PSSI dan mendapatkan persetujuan FIFA untuk membela Timnas Indonesia.

Asal usul keturunan Jay Idzes berasal dari kakek dan neneknya, yang konon lahir di Jakarta.

4 dari 4 halaman

Tahapan Naturalisasi

"Mudah-mudahan habis ini urusan kewarganegaraan. Setelah itu masuk ke Kemensesneg, masuk ke Presiden, lalu diusulkan DPR. Di DPR, biasanya ada sidang di Komisi III dan X," ungkap Arya.

"Setelah itu, sidang paripurna DPR. Soal jadwal, kami akan sesuaikan. Setelah itu, baru masuk ke Presiden dan keluar Keppres baru diambil sumpah. Selanjutnya, berpindah federasi," kata Arya.

Jay Idzes selalu bermain sebagai starter untuk Venezia dalam delapan pertandingan Serie B 2023/2024. Palang pintu berpostur 191 cm itu juga terus bertanding selama 90 menit.

Video Populer

Foto Populer