Sukses


Sengatan-Sengatan Naturalisasi Timnas Indonesia untuk Mengalahkan Brunei di Kualifikasi Piala Dunia 2026: Jam Terbang Menjadi Bukti

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan menjalani putaran pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia melawan Brunei Darussalam. Dua negara akan bertemu dengan sistem home and away.

Indonesia jadi tuan rumah lebih dulu pada Kamis (12/10/2023) di Jakarta. Laga kedua akan berlangsung di markas Brunei pada 17 Oktober.

Saat ini, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memanggil 26 pemain untuk pemusatan latihan di Jakarta. Itu sudah termasuk empat pemain naturalisasi. Yakni Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Marc Klok dan Rafael Struick.

Sebenarnya, masih ada satu nama lain yang masuk daftar panggil. Yakni bek Jordi Amat. Sayang Jordi mengalami cedera saat bermain untuk klubnya, Johor Darul Takzim di Liga Super Malaysia.

Jika membandingkan kekuatan kedua tim, Timnas Indonesia masih lebih unggul atas Brunei. Jadi, kehadiran empat pemain naturalisasi dirasa sudah cukup.

Tinggal menunggu seperti apa kinerja Klok dkk saat melawan tim yang kekuatannya dibawah Indonesia. Normalnya, mereka bisa memberikan kontribusi besar untuk merah putih di laga ini.

Berikut catatan para pemain naturalisasi tersebut bersama Timnas Indonesia menjelang laga kontra Brunei Darussalam.

==

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Marc Klok

Bisa dibilang dia jadi andalan utama di lini tengah Indonesia saat ini. Marc Klok memiliki 16 caps bersama Timnas Indonesia senior.

Meski posisinya sebagai gelandang, dia sudah menyumbangkan empat gol. Catatan yang apik. Tak hanya itu, dia juga sempat diperbantukan bersama Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2022 lalu.

Kinerja Klok tak perlu diragukan lagi. Selain jadi pembagi bola, dia salah satu eksekutor utama bola mati. Fighting spiritnya juga sangat tinggi. Baik saat melawan tim tangguh maupun lengah. Sepertinya pemain asal Persib Bandung ini tak pernah memandang lawan dengan sebelah mata.

Klok selalu serius tampil di atas lapangan. Diprediksi dia akan mendominasi lini tengah dalam laga ini. Tak menutup kemungkinan dia menyumbangkan gol lewat tendangan terukurnya.

Saat ini, Klok dalam kepercayaan diri yang bagus. Buktinya, performanya di Persib sedang oke. Dari 14 pertandingan, Klok membuat 4 gol dan 6 assist.

Statistik yang bagus untuk pemain tengah. Selain itu, dia punya sisi leadership. Ini jadi salah satu nilai lebih. Permainannya yang agresif seakan memberi contoh bagi rekannya agar ikut berjuang lebih keras di lapangan.

3 dari 5 halaman

Sandy Walsh

Bek kanan yang kini membela klub Belgia, KV Mechelen ini baru sekali menjalani pertandingan bersama Timnas Indonesia. Yakni bulan September melawan Turkmenistan dalam FIFA Matchday di Stadion Gelora Bung Tomo.

Waktu itu dia tampil selama 71 menit. Pemain 28 tahun ini membuat pertahanan Indonesia lebih solid. Kemenangan 2-0 berhasil diraih. Kini, dia punya kans tampil untuk kali kedua. Dia bisa membuat lini depan Brunei frustasi, karena Sandy bisa membuat permainan lini belakang Indonesia lebih tenang.

Pengalaman bermain di kasta tertinggi Belgia tak perlu diragukan lagi. Tentu dia sangat percaya diri ketika bermain menghadapi tim Asia. Di klubnya, FK Mechelen, musim ini dia sudah tampil dalam 9 pertandingan. Dan 6 laga di antaranya turun sebagai starter. Ini sudah cukup jadi gambaran kualitas permainannya.

4 dari 5 halaman

Shayne Pattynama

Bek kiri dengan karakter bermain agresif ini akan kembali tampil. Seperti diketahui, Shayne menjalani debut bersama Indonesia ketika FIFA Matchday melawan Argentina di Jakarta pada Juni 2023.

Dia tampil dalam setengah babak dan tampil lumayan garang untuk menghentikan serangan Argentina. Meski waktu itu Indonesia takluk 0-2, namun Shayne terlihat tampil dengan fighting spirit tinggi. Karakter yang cocok dengan gaya bermain Indonesia.

Lawan Brunei bisa jadi dia mendapatkan pertandingan keduanya bersama Indonesia. Perlu diketahui, saat ini Shayne bermain bersama Viking di kasta tertinggi liga Norwegia. Dia jadi pemain penting di sana.

Tampil sebagai starter dalam 23 pertandingan dan mencetak 1 gol musim ini. Selain itu, pemain 25 tahun ini membuat lima assist. Dia bisa membuat Pratama Arhan yang selama ini jadi pilihan utama di bek kiri bakal duduk di bangku cadangan.

5 dari 5 halaman

Rafael Struick

Striker 20 tahun ini baru saja membela Timnas Indonesia di kualifikasi Piala Asia U-23 bulan lalu. Dia membuat satu gol saat melawan Chinese Taipei waktu itu. Melawan Brunei akan menjadi caps pertamanya di level senior.

Pemain asal ADO Den Haag, Belanda ini tampil saat melawan Argentina dan Turkmenistan. Meski tidak mencetak gol, dia tampil bagus sebagai penyerang kiri.

Skill dan kecepatan jadi andalannya. Tidak menutup kemungkinan dia mencetak gol pertamanya untuk timnas Indonesia senior ketika menghadapi Brunei Darussalam.

Karena dalam dua pertandingan sebelumnya, dia jarang dapat kesempatan emas. Saat melawan Brunei, diprediksi dia lebih mudah melakukan akselerasi. Ini jadi momentum baginya untuk pecah telur.

Video Populer

Foto Populer