Sukses


Ragam Fakta Seputar Ranking FIFA antara Timnas Indonesia dan Brunei Darussalam: Awas, Hasil Minor Bikin Tergelincir!

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan kembali berkasi di bulan Oktober 2023. Meski difavoritkan menang, Marselino Ferdinan dkk. harus waspada, sebab hasil minor bisa bikin ranking FIFA melorot.

Timnas Indonesia akan menghadapi Brunei Darussalam pada putaran pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Oktober 2026. Pertandingan berlangsung dalam format kandang dan tandang.

Tim Garuda Nusantara akan lebih dulu menjadi tuan rumahnya menjamu Brunei di Jakarta. Kemudian Pasukan Shin Tae-yong giliran melawat ke markas Brunei Darussalam.

Dalam ulasan kali ini, Bola.com mengulas fakta-fakta menarik seputar ranking FIFA antara Timnas Indonesia dan Brunei Darussalam. Yuk scroll ke bawah.

==

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

<p>Piala Dunia U-17 - ilustrasi Piala Dunia U-17 2023 Indonesia (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

 

EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia U-17 2023 menayangkan pertandingan-pertandingan penyisihan hingga final di berbagai platform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang muda kelas dunia di Indosiar, SCTV, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Nikmati juga berita-berita eksklusif Piala Dunia U-17 di Bola.com, dengan mengklik tautan ini.  

2 dari 4 halaman

Ranking FIFA

Secara ranking FIFA per 21 September 2023, Timnas Indonesia menempati peringkat ke-147 dengan 1052,87 poin. Sementara itu, Brunei Darussalam terdampar di posisi ke-191 dengan 887,58 poin.

Brunei Darussalam menjadi negara Asia Tenggara (ASEAN) dengan ranking terendah kedua dalam pemeringkatan FIFA, hanya lebih baik dari Timnas Timor Leste yang menempati urutan ke-192.

Lantas, apa yang bisa terjadi begitu pertandingan usai?

3 dari 4 halaman

Terbang ke Posisi 144

Jika Timnas Indonesia meraih kemenangan, ada tambahan 8,68 poin. Angka serupa bakal didapat andai sukses mengalahkan Brunei Darussalam pada leg kedua.

Dengan demikian, ada 17,32 poin yang diperoleh Timnas Indonesia, dan tambahan tersebut bisa menerbangkan Merah Putih ke posisi 144 menggeser St. Kitts & Nevis, Suriname, dan Eswatini, dengan syarat ketiganya gagal meraih kemenangan.

Bagaimana jika kalah?

 

4 dari 4 halaman

Terancam Turun 3 Peringkat

Jika Timnas Indonesia kalah pada leg 1, Merah Putih terancam turun tiga tangga ke posisi 150.

Ranking FIFA lebih buruk bisa didapat Timnas Indonesia jika pada leg 2 kembali menelan kekalahan.

Sumber: Berbagai sumber

Video Populer

Foto Populer