Sukses


2 Pemain Naturalisasi yang Diprediksi Jadi Starter Timnas Indonesia Vs Brunei Darussalam

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan menantang tuan rumah Brunei Darussalam di Hassanal Bolkiah National Stadium, Bandar Seri Begawan, pada Selasa (17/10/2023) malam waktu setempat. Dua pemain naturalisasi kemungkinan bakal menjadi starter.

Timnas Indonesia mungkin bakal melakukan rotasi besar-besaran mengingat anak asuh Shin Tae-yong itu sudah mengamankan kemenangan 6-0 pada leg pertama. Namun, kemenangan akan tetap jadi target utama.

Shin Tae-yong membawa 25 pemain ke Brunei Darussalam. Tiga kiper berisikan Nadeo Argawinata, Ernando Ari, dan Syahrul Trisna. Sementara di posisi bek di antaranya adalah Wahyu Prasetyo, Rizky Ridho, dan Pratama Arhan.

Di pos gelandang dan striker, di luar Marselino Ferdinan yang cedera, nama-nama beken seperti Witan Sulaeman hingga Ramadhan Sananta tetap menjadi pilihan Shin Tae-yong. Dimas Drajad yang mencatatkan hat-trick juga diboyong ke Brunei Darussalam.

Yang menarik adalah, ada sejumlah pemain naturalisasi yang terdapat di skuad Timnas Indonesia. Mereka yakni Marc Klok, Rafael Struijk, Sandy Walsh, dan Shayne Pattynama.

Kali ini Bola.com memprediksi dua pemain naturalisasi yang kemungkinan bakal menjadi starter di Timnas Indonesia pada duel melawan Brunei Darussalam.

--

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

<p>Piala Dunia U-17 - ilustrasi Piala Dunia U-17 2023 Indonesia (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

 

EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia U-17 2023 menayangkan pertandingan-pertandingan penyisihan hingga final di berbagai platform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang muda kelas dunia di Indosiar, SCTV, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Nikmati juga berita-berita eksklusif Piala Dunia U-17 di Bola.com, dengan mengklik tautan ini.  

2 dari 4 halaman

Marc Klok Dibangkucadangkan?

Para pemain yang tidak bermain atau masuk di babak kedua dalam pertemuan pertama versus Brunei Darussalam, berpeluang menjadi starter seperti Fachruddin Aryanto, Egy Maulana Vikri, Ricky Kambuaya, hingga Ernando Ari Sutaryadi.

Selain itu, Shin Tae-yong juga bisa saja memberikan debut kepada Arkhan Fikri, gelandang asal Arema FC berusia 18 tahun yang sebelumnya memperkuat timnas U-23.

"Kami akan melakukan pertandingan yang kami inginkan. Ada rotasi pemain dan taktik yang tidak begitu banyak untuk melawan Brunei Darussalam," ucap Shin Tae-yong.

Marc Klok bermain sebagai starter pada leg pertama, namun ditarik keluar pada babak kedua oleh Ricky Kambuaya. Kans pemain Persib Bandung itu untuk kembali masuk starting XI memang 50-50, namun mengingat ada pergantian taktik dari Shin Tae-yong, besar kemungkinan pemain naturalisasi kelahiran Belanda itu bakal dicadangkan.

3 dari 4 halaman

Rafael Struijk Cedera

Kabar yang diterima Bola.com, Rafael Struick masih menjalani pemulihan cedera. Pada leg pertama pun, striker Ado Den Hag itu tak dimainkan oleh Shin Tae-yong.

Struick adalah satu di antara dua pemain yang menjalani pemulihan cedera. Satu pemain lainnya yakni Edo Febriansyah.

Hanya saja, keduanya berpeluang dimainkan mengingat Shin Tae-yong ingin melakukan rotasi pemain. Namun, ada peluang bahwa Struick baru akan turun pada babak kedua.

4 dari 4 halaman

Shayne dan Sandy In

Timnas Indonesia hanya butuh hasil imbang atau setidaknya tidak kalah lebih dari enam gol untuk lolos ke babak selanjutnya pada fase Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Dengan kondisi tersebut, pemilihan paling bijak Shin Tae-yong adalah dengan tetap menguatkan lini belakang. Kebetulan, ada dua pemain naturalisasi yang tersedia dalam laga menghadapi Brunei Darussalam, mereka adalah Shayne Pattynama dan Sandy Walsh.

Keduanya juga tidak terkendala cedera, dan meski ada peluang coach Shin bakal memainkan Wahyu Prasetyo dan Fachruddin Aryanto, tidak menurunkan duo Shayne-Sandy akan jadi risiko tersendiri.

Video Populer

Foto Populer