Sukses


Catat Nih! Jadwal Lengkap Timnas Indonesia di Putaran Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia berhasil melaju ke putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Keberhasilan itu tak lepas dari kemenangan telak 6-0 atas Brunei Darussalam pada leg kedua di Stadion Sultan Hassanal Bolkiah, Bandar Seri Begawan, Selasa (17/10/2023) malam WIB.

Penyerang Hokky Caraka mencetak brace untuk Timnas Indonesia di pertandingan ini. Sisanya dicetak oleh Egy Maulana Vikri, Witan Sulaiman, Rizky Ridho, dan ditutup Ramadhan Sananta.

Hasil ini membuat pasukan Merah-Putih menang secara agregat 12-0 atas Brunei. Sebab pada pertandingan pada leg pertama di Jakarta lima hari lalu, skuad Garuda juga menang 6-0.

Timnas Indonesia melaju ke putaran kedua babak Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Pada babak ini, ada 36 tim yang berlaga, dibagi menjadi sembilan grup.

==

eYuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Masuk Grup F

Drawing fase grup Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia sudah digelar sebelumnya. Namun Timnas Indonesia harus lebih dulu melewati putaran pertama karena punya peringkat FIFA di luar ranking 26 sesuai regulasi fase grup untuk zona Asia.

Setelah melewati Brunei, Dimas Drajat dkk. sudah ditunggu Irak, Vietnam, dan Filipina di Grup F.

Pada persaingan di Grup F nanti, seluruh tim akan bertemu dengan format round robin dan kandang-tandang. Artinya masing-masing tim akan menyelesaikan enam pertandingan dan wajib menghuni posisi dua teratas jika ingin melaju jauh.

Timnas Indonesia akan mendapat kesempatan bertandang ke markas Irak pada 16 November mendatang. Adapun pertandingan terakhir, pasukan Shin Tae-yong akan bermain di markas Filipina pada 11 Juni tahun depan.

Yuk simak jadwal lengkap pertandingannya berikut ini.

3 dari 5 halaman

Catat Jadwal Pertandingannya

Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia

  • 16 November 2023
  • Irak Vs Timnas Indonesia
  • 21 November 2023
  • Filipina Vs Timnas Indonesia
  • 21 Maret 2024
  • Timnas Indonesia Vs Vietnam
  • 26 Maret 2024
  • Vietnam Vs Timnas Indonesia
  • 6 Juni 2024
  • Timnas Indonesia Vs Irak
  • 11 Juni 2024
  • Timnas Indonesia Vs Filipina
4 dari 5 halaman

Tidak Mudah

Lawan-lawan Timnas Indonesia tersebut jelas di atas kertas tidak akan mudah dilewati. Timnas Irak adalah salah satu yang terkuat di Timur Tengah, mereka juga pernah menjadi juara Piala Asia edisi 2007 di Jakarta dan kini ada di peringkat ke-69 FIFA.

Kemudian Vietnam diketahui merupakan rival Timnas Indonesia di level Asia Tenggara. Kedua tim sering bertemu di SEA Games dan Piala AFF, dan terlibat bertarungan sengit. Vietnam kini menduduki peringkat 95 FIFA.

Sementara Filipina tidak bisa dianggap enteng. Mereka kini menjelma tim kuat dan berkarakter. Buktinya Filipina kini berada di ranking 132, jauh di atas Timnas Indonesia.

5 dari 5 halaman

Jalan Menuju Piala Dunia 2026

Timnas Indonesia harus menempuh jalan panjang untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2026. Sebab, ada lima tahapan babak kualifikasi yang harus dilewati. Berikut adalah tahapan lolos ke Piala Dunia dari zona Asia:

Ronde 1: Diikuti 20 tim peringkat terbawah. Laga digelar dengan sistem dua leg.

Ronde 2: 36 tim (26 ranking terbaik dan 10 dari ronde 1) akan dibagi dalam sembilan grup dengan sistem kompetisi penuh.

Ronde 3: 18 tim (juara dan runner-up grup ronde 2) akan dibagi menjadi tiga grup dengan sistem kompetisi penuh. Dua tim paling atas klasemen akan lolos ke Piala Dunia 2026.

Ronde 4: Peringkat ke-3 dan 4 pada ronde 3 akan dibagi menjadi dua grup (masing-masing tiga tim). Laga dimainkan di tempat netral, hanya sekali berhadapan. Juara grup lolos ke Piala Dunia 2026.

Ronde 5: Runner-up grup ronde keempat akan saling berhadapan pada laga dua leg. Tim yang menang lolos ke Piala Dunia 2026. Tim yang kalah akan bermain di play-off inter-confederation.

Shin Tae-yong Punya Cara Cerdik Bantai Irak

Video Populer

Foto Populer