Sukses


Rapor Pemain Indonesia Saat Melumat Brunei Darussalam pada Kualifikasi Piala Dunia 2026

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia kembali menang telak atas Brunei Darussalam di kualifikasi Piala Dunia 2026. Setelah unggul 6-0 di saat leg pertama di Jakarta, Merah Putih tak mengendurkan permainan di leg kedua yang berlangsung di Hassanal Bolkiah National Stadium, Brunie Darussalam, Selasa (17/10/2023).

Timnas Indonesia menang dengan skor serupa 6-0. Anak asuh Shin Tae-yong masing-masing mencetak 3 gol di setiap babak. Tiga gol pertama disumbangkan Hokky Caraka (2 gol) dan Egy Maulana Vikri.

Sedangkan babak kedua giliran Witan Sulaeman, Rizky Ridho dan Ramadhan Sananta. Kemenangan ini membuat Indonesia menang agregat 12-0. Sehingga Merah Putih lolos ke putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026.

Rizky Ridho dkk tergabung di Grup F bersama Irak, Filipina dan Vietnam. Bisa dibilang ini jadi laga sesungguhnya bagi Timnas Indonesia. Karena lawan yang dihadapi kekuatannya setara dan bahkan ada yang diatas Indonesia.

Laga kualifikasi melawan Brunei ini bisa dibilanag masih jadi pemanasan bagi Timnas Indonesia. Karena kekuatan Brunei masih belum setara. Sehingga pemain Indonesia tampil dominan. Berikut rapor pemain Indonesia saat melumat Brunie Darussalam.

--

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

<p>Piala Dunia U-17 - ilustrasi Piala Dunia U-17 2023 Indonesia (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

 

EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia U-17 2023 menayangkan pertandingan-pertandingan penyisihan hingga final di berbagai platform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang muda kelas dunia di Indosiar, SCTV, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Nikmati juga berita-berita eksklusif Piala Dunia U-17 di Bola.com, dengan mengklik tautan ini.  

2 dari 5 halaman

Kiper dan Bek

Kiper

  • Ernando Ari: 7,5

Kiper asal Persebaya Surabaya ini tidak terlalu bekerja keras. Namun dia sempat membuat tiga save untuk membuat cleansheet.

Belakang

  • Sandy Walsh: 7,5

Turun di posisi aslinya sebagai bek kanan, Sandy bermain apik. Dia aktif membantu serangan. Menit 6, dia sudah membuat assist untuk gol pertama Indonesia yang dicetak Hokky Caraka.

  • Rachrudin Aryanto: 7,5

Jadi pemain paling senior sekaligus kapten tim, Fachruddin bisa mengawal pertahana Indonesia dengan baik. Dia juga membuat rekan-rekannya lebih tenang saat menguasai bola. Peran lainnya, Fachrudin beberapa kali terlihat meredam emosi rekannya.

  • Rizky Rihdo: 8

Tak hanya tangguh dalam memotong serangan lawan, Rizky Ridho kembali membuat gol. Sebuah plessing dilepaskan dalam kotak penalti lawan untuk merobek gawang Brunei. Di pertemuan pertama, dia juga menyumbangkan satu gol.

  • Shayne Pattynama: 7,5

Turun sejak menit awal di posisi bek kiri. Shayne lebih aktif membantu serangan. Maklum, areanya jarang menerima tekanan. Meski tidak membuat assist atau gol, dia beberapa kali mengirimkan bola ke depan gawang dan sempat membuat membuat peluang di pertengahan babak pertama.

 

3 dari 5 halaman

Tengah

  • Egy Maulana: 7,5

Sebuah gol disumbangkan Egy di menit 42. Beberapa kali aksinya membahayakan pertahanan Brunei. Tapi di babak kedua, dia diganti Saddil Ramdani untuk penyegaran.

  • Ricky Kambuaya: 7,5

Pergerakannya tidak liar seperti biasanya. Tapi, dia membidani beberapa gol Indonesia. Umpan-umpan lambunngya selalu menembus pertahanan Brunei.

  • Rachmat Irianto: 7,5

Bermain sebagai jangkar di lini tengah. Rachmat sempat melakukan sebuah blunder di babak pertama. Brunei nyaris mencetak gol akibat salah umpan Rachmat. Namun di luar itu, dia bermain apik mengalirkan bola kedepan. Satu assist jauh dibuat untuk gol terakhir Indonesia.

  • Witan Sulaeman: 8,5

Permainannya lebih efektif kali ini. Witan jadi salah satu bintang di laga ini. Satu assist dan gol berhasil dibuatnya. Andaikan lini depan Indonesia lebih lebih tenang, catatan assist Witan bisa lebih banyak.

 

4 dari 5 halaman

Depan

  • Hokky Caraka: 8,5

Penyerang muda ini jadi salah satu pemain dengan kontribusi besar. Terutama di babak pertama. Hokky membuat dua gol dan satu assist. Laga ini jadi kali pertama dia mencatatkan namanya di papan skor.

  • Dendy Sulistyawan: 7

Performanya kurang greget. Dendy dapat peluang emas di menit 24. Peluang yang harusnya 99 persen menjadi gol. Tapi, sontekannya didepan gawang justru tepat ke posisi kiper.

 

5 dari 5 halaman

Pengganti

  • Asnawi Mangkualam: 7,5

Turun di babak kedua, Asnawi membuat sisi kanan Indonesia tetap hidup. Aktif membantu serangan dan mengirimkan bola kedalam kotak penalti. Dia membuat satu assist untuk gol yang dicetak Rizky Ridho.

  • Saddil Ramdani: 7

Aksi individunya dan kecepatannya beberapa kali terlihat. Beberapa crossing berbahaya sempat diberikannya. Sayang, belum ada assist atau gol yang dibuatnya di laga ini.

  • Ramadhan Sananta: 7,5

Bermain di babak kedua masih cukup baginya untuk membuat gol. Sananta menciptakan gol indah di menit 82. Menerima bola jauh dari Rachmat Irianto, dia melepaskan tendangan lambung melewati kepala kiper Brunei yang terlanjur maju kedepan.

  • Arkhan Fikri: 7

Gelandang milik Arema FC ini membuat debut bersama Timnas Indonesia senior. Performanya tak mengecewakan. Pemain 18 tahun itu bisa berkolaborasi dengan seniornya di lini tengah.

  • Pratama Arhan: 7

Baru tampil di pertengahan babak kedua, performanya tidak seperti biasanya. Sepertinya Arhan belum panas di laga ini. Sehingga dia tak banyak terlibat dalam permainan.

Video Populer

Foto Populer