Sukses


Erick Thohir Izinkan Shin Tae-yong Jadi Penasihat Klub Korea Selatan: Sudah Bicara ke Saya

Bola.com, Surabaya - Ketua PSSI, Erick Thohir, mengizinkan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, untuk menjadi penasihat klub Korea Selatan, Seongnam FC.

"Tidak apa-apa, beliau sudah bicara dengan saya. Kan itu bukan day to day. Saya juga menjadi penasihat di sini, di situ. Yang penting hasil," ujar Erick Thohir.

Seongnam FC mengumumkan lewat akun Instagramnya, @sfc.seongnam, pada Jumat (27/10/2023) bahwa Shin Tae-yong diangkat sebagai penasihat untuk departemen manajemen atlet.

Selain Shin Tae-yong, Seongnam juga menetapkan tiga orang lainnya sebagai penasihat tim meliputi departemen kedokteran olahraga, sektor kerja sama luar negeri, dan divisi publisitas.

2 dari 5 halaman

Legenda Seongnam FC

"Seongnam FC mengadakan upacara untuk penasihat klub pada Jumat, 27 Oktober 2023 pukul 14.00 waktu setempat di club house Seongnam FC," tulis akun Seongnam FC.

Shin Tae-yong adalah legenda Seongnam FC, yang dulunya bernama Seongnam Ilhwa Chunma. Bersama klub itu, ia bermain 296 kali dengan mencetak 76 gol.

3 dari 5 halaman

Klub Legendaris Korea Selatan

"Demi meningkatkan dan memperkuat citra klub, pemilik klub turun tangan untuk menunjuk empat personel dari masing-masing bidang sebagai penasihat," ujar Seongnam FC.

"Pembimbingnya adalah Shin Tae-yong dari Timnas Indonesia di bidang manajemen tim," kata tim peraih tujuh gelar Liga Korea Selatan tersebut.

4 dari 5 halaman

Klub Satu-satunya Shin Tae-yong di Korea Selatan

Membela Seongnam FC selama 12 tahun pada 1992-2004, Shin Tae-yong mempersembahkan enam trofi juara Liga Korea Selatan, satu Piala FA Korea Selatan, satu Asian Club Championship, dan satu Asian Super Cup.

Seongnam FC menjadi satu-satunya klub yang diperkuat Shin Tae-yong di Korea Selatan. Pada 2005, ia hijrah ke tim Australia, Queensland Roar.

5 dari 5 halaman

Melatih Seongnam FC

"Seongnam FC akan melakukan yang terbaik untuk berkomunikasi secara aktif dengan penasihat untuk membantu klub bergerak ke arah yang positif," jelas Seongnam FC.

Ketika banting setir sebagai pelatih, Shin Tae-yong empat tahun menangani Seongnam Ilhwa Chunma pada 2008-2012 sekaligus memberikan satu gelar Liga Champions Asia dan Piala FA Korea Selatan.

Video Populer

Foto Populer