Sukses


Hadapi Vietnam dan Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Pelatih Filipina Sampai Memohon pada Suporter

Bola.com, Manila - Pelatih Filipina, Michael Weiss, memberikan permohonan jelang duel Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Vietnam dan Timnas Indonesia. Michael Weiss memohon agar suporter bisa datang dan memenuhi Rizal Memorial Stadium.

Filipina akan menjadi Vietnam pada matchday perdana Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada 16 November mendatang. Lima hari berselang, giliran Timnas Indonesia yang akan jadi lawan di tempat yang sama.

Kekhawatiran Michael Weiss bukan tanpa alasan. Dalam beberapa laga terakhir yang dimainkan Filipina di kandang mereka minim dukungan suporter.

"Faktor yang sangat penting adalah antusiasme dan dukungan dari orang ke-12. Kami berharap para penggemar datang berbondong-bondong ke stadion, dan menjadi bagian dari sejarah," kata Michael Weiss.

Sebelumnya, Sekjen PFF, Mikhail Torre, menyadari adanya krisis penonton pada laga kandang Filipina. Namun, pihaknya yakin jumlah tersebut akan mengalami peningkatan pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 nanti.

"Kami berusaha sekuat tenaga untuk menghitung jumlah orang dan kami tidak ingin terpuruk. Tetapi saya mulai merasakan kegembiraan lagi terhadap sepak bola Filipina," ujar Torre.

-----

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Perpaduan Pengalaman dan Muda

Federasi Sepak Bola Filipina (PFF) melalui situs resminya mengumumkan daftar 26 pemain untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026. Pelatih Michael Weiss memadukan pemain berpengalaman dan muda dalam skuad tersebut.

Perpaduan apik antara pemain berpengalaman dan muda menumbuhkan motivasi Timnas Filipina. Dengan materi skuad yang ada, Michael Weiss yakin timnya bisa meraih hasil positif pada kedua laga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

"Ini memberi kami alasan untuk optimis untuk pertandingan kualifikasi Piala Dunia pertama kami melawan Vietnam dan Timnas Indonesia," tegas Weiss.

3 dari 5 halaman

Aroma BRI Liga 1

Dalam daftar pemain Filipina untuk laga melawan Vietnam dan Timnas Indonesia terdapat sosok yang tidak asing. Sebanyak tujuh nama di antaranya saat ini berkarier di BRI Liga 1 2023/2024.

Mereka adalah Julian Schwarzer (Arema FC), Carli de Murga (Barito Putera), Daisuke Sato (Persib Bandung), hingga Christian Rontini (Persita Tangerang).

Kemudian juga ada nama Simen Lyngbo (Persik Kediri), Mike Ott (Barito Putera), dan Kenshiro Daniels (RANS Nusantara FC). Selain itu pula ada nama pemain abroad yakni Neil Etheridge (Birmingham City) hingga Bienvenido Maranon (Chanthaburi).

4 dari 5 halaman

Digdaya atas Filipina

Timnas Indonesia punya catatan positif melawan Filipina. Skuad Merah Putih tercatat tampil digdaya dengan tim berjulukan The Azcals itu.

Sejarah mencatat Timnas Indonesia sudah bertemu dengan Filipina dalam 25 pertandingan di berbagai ajang. Hasilnya adalah Timnas Indonesia meraih 20 kemenangan.

Adapun Filipina hanya sekali menang dan empat kali imbang lawan Timnas Indonesia. Satu-satunya kekalahan Indonesia atas Filipina terjadi pada Piala AFF 2014 dengan skor 0-4.

5 dari 5 halaman

Daftar Pemain Filipina

Kiper: Neil Etheridge (Birmingham City), Kevin Ray Mendoza, (Kuala Lumpur City), Julian Schwarzer (Arema FC)

Belakang: Jefferson Tabinas (Mito HollyHock), Daisuke Sato (Persib Bandung) , Carli de Murga (Barito Putera), Christian Rontini (Persita Tangerang), Jesse Curran (Ratchaburi), Santiago Rublico (Atletico Madrid U-19), Simen Lyngbo (Persik Kediri), Audie Menzi (Kaya–Iloilo), Simone Rota (Kaya–Iloilo)

Tengah: Dennis Villanueva (Police Tero), Oskari Kekkonen (Lamphun Warriors), Justin Baas (Kaya–Iloilo), Marwin Angeles (Kaya–Iloilo), Jesus Melliza (Kaya–Iloilo), Pocholo Bugas (Angkor Tigers), Manny Ott (Kedah Darul Aman), Mike Ott (Barito Putera), Kevin Ingreso (Sri Pahang), Stephan Schrock (CF Manila)

Depan: Patrick Reichelt (Kuala Lumpur), Bienvenido Maranon (Chanthaburi), Kenshiro Daniels (RANS Nusantara), OJ Porteria (Kelantan United)

Video Populer

Foto Populer