Sukses


Prediksi Starting XI Timnas Indonesia untuk Hadapi Filipina di Kualifikasi Piala Dunia 2026: Ada Sedikit Perubahan

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia menjalani laga kedua di Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia dengan melawan Filipina di Stadion Rizal Memorial, Manila, Selasa (21/11/2023) petang WIB. Pelatih Tim Garuda, Shin Tae-yong, diyakini melakukan sejumlah perubahan dalam starting XI tim asuhannya.

Timnas Indonesia tentu mengincar momentum kebangkitan dalam lawatan ke Filipina. Maklum, Tim Garuda baru saja dipermak dengan skor 1-5 saat bertandang ke Irak pada laga pertama Grup F putaran kedua Kualfikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Kamis (16/11/2023).

Satu-satunya gol Timnas Indonesia dicetak oleh Shayne Pattynama yang mendapatkan umpan dari Rafael Struick pada masa injury time babak pertama. Namun, gawang Nadeo Argawinata lima kali jebol dalam laga itu, termasuk gol bunuh diri Jordi Amat.

Setelah kekalahan telak itu, Shin Tae-yong sepertinya akan mencoba untuk melakukan sedikit perubahan saat Timnas Indonesia menghadapi Filipina.

Pelatih asal Korea Selatan itu masih punya sejumlah pemain berkualitas lainnya yang bisa diandalkan untuk menghadapi Filipina.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Perubahan di Lini Pertahanan

Pada laga kontra Irak, Shin Tae-yong menerapkan formasi dengan menggunakan tiga stoper. Saat itu ada Jordi Amat, Rizky Ridho, dan Elkan Baggott yang dimainkan di lini pertahanan Timnas Indonesia, berdiri di depan Nadeo Argawinata yang kebobolan lima kali.

Menggunakan skema tiga bek membuat posisi Asnawi Mangkualam Bahar dan Shayne Pattynama sedikit lebih baik, atau sejajar dengan dua gelandang bertahan Timnas Indonesia, Marc Klok dan Adam Alis.

Namun, sepertinya Shin Tae-yong akan menerapkan formasi 4-3-3 untuk laga kontra Filipiina. Kali ini akan ada Jordi Amat dan Rizky Ridho yang ada di pusat pertahanan Tim Garuda yang layak untuk menjajal Muhammad Riyandi sebagai kiper untuk laga kali ini.

Sementara di sisi sayap pertahanan, Asnawi Mangkualam dan Shayne Pattynama tampaknya masih akan menjadi andalan. Apalagi Shayne mampu mencetak gol ketika melawan Irak. Bukan tidak mungkin, pemain naturalisasi ini kembali menjadi pemecah kebuntuan bagi Tim Garuda.

3 dari 4 halaman

Sedikit Perubaan di Tengah dan Depan

Untuk lini tengah Timnas Indonesia, tak banyak perubahan yang akan dilakukan oleh Shin Tae-yong. Marc Klok dan Ricky Kambuaya tampaknya masih akan menjadi pilihan pelatih asal Korea Selatan itu.

Satu-satunya yang mungkin berbeda adalah Shin Tae-yong bisa mencoba memainkan Sandy Walsh di lini tengah Tim Garuda, menggantikan Adam Alis yang pada laga pertama melawan Irak menjadi tandem Marc Klok di lini tengah.

Sementara di lini depan, jika pada laga kontra Irak ada duet Dimas Drajad dan Dendi Sulistyawan, kali ini Shin Tae-yong diyakini akan melakukan perubahan. Satu sebabnya adalah cedera yang dialami oleh Dimas Drajad saat menghadapi Irak hingga digantikan oleh Rafael Struick.

Struick kemungkinan besar akan diberikan kesempatan untuk menjadi starter. Rafael akan bermain bersama Saddil Ramdani dan Ramadhan Sananta di lini serang, di mana Sananta akan menjadi penyerang tengah.

4 dari 4 halaman

Prakiraan Starting XI Timnas Indonesia untuk Hadapi Filipina

 

Timnas Indonesia (4-3-3):

Kiper: Muhammad Riyandi

Bek: Asnawi Mangkualam, Jordi Amat, Rizky Ridho, Shayne Pattynama

Gelandang: Sandy Walsh, Marc Klok, Ricky Kambuaya

Penyerang: Saddil Ramdani, Ramadhan Sananta, Rafael Struick

Video Populer

Foto Populer