Sukses


Saddil Ramdani Kenang Gol Penyelamat Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Puji Ricky Kambuaya

Bola.com, Manila - Gelandang Timnas Indonesia, Saddil Ramdani, memuji assist Ricky Kambuaya saat mencetak gol ke gawang Filipina pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 (21/11/2023). Gol itu menghindarkan skuad Merah Putih dari kekalahan.

Dalam laga di Rizal Memorial Stadium, Manila, Timnas Indonesia kebobolan lebih dulu melalui gol Patrick Reichelt (23'). Beruntung Saddil Ramdani mencetak gol penyeimbang pada menit ke-70.

Menurut Saddil, bola operan dari Ricky Kambuaya sangat baik dan sudah sesuai dengan keinginannya. Jadi, sang pemain bisa dengan tenang mengeksekusi bola menjadi gol ke gawang Filipina.

"Mungkin karena bola yang sangat baik diberikan Ricky Kambuaya. Saya merasa bola itu tidak terlalu kencang dan tidak terlalu pelan. Jadi, saya memutuskan untuk menembak," kenang gelandang Timnas Indonesia itu.

-----

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Berkat Semua

Saddil Ramdani juga menyebut gol ke gawang Filipina itu terjadi berkat kerja sama semua pemain Timnas Indonesia. Meskipun Skuad Garuda cuma bermain imbang, Saddil tetap bersyukur dengan hasil yang diraih.

"Saya berterima kasih karena ini semua tentang tim, bukan tentang individu. Saya berterima kasih karena bisa berjuang di titik ini, meski banyak kendala," jelas Saddil.

"Sekali lagi semua bersyukur atas hasil yang kami dapat," tegas penggawa Sabah FC itu.

3 dari 5 halaman

Pesan Penting

Saddil Ramdani memberikan pesan penting untuk suporter setelah bermain imbang 1-1 melawan Filipina. Saddil berharap suporter tetap memberikan dukungan dan tak perlu menyampaikan kritik secara berlebihan.

"Kami sangat respek karena sudah menyemangati saat main di Filipina. Saya harap mereka tetap cinta timnas Indonesia, tetap mendukung. Walau baik dan buruk, tetap selalu didukung," kata Saddil.

"Hilangkanlah kritik-kritik yang membuat tim ini menjadi suasananya tidak baik. Semoga pesan dari suporter bisa membangun pemain untuk menjadi lebih baik," jelas gelandang Timnas Indonesia itu.

4 dari 5 halaman

Lebih Semangat

Pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 selanjutnya, Timnas Indonesia akan menjamu Vietnam di kandang (21/3/2024). Namun, sebelumnya skuad asuhan Shin Tae-yong akan berlaga di Piala Asia 2023 yang berlangsung di Qatar, Januari 2024.

"Saya harap tim menjadi lebih semangat karena main kandang. Kami berharap bisa mendapatkan poin yang lebih baik dibandingkan tandang," jelas Saddil

"Kami bisa semangat bermain di kandang, karena kami memiliki suporter yang luar biasa dalam membangun semangat kami, memotivasi kami," ujar pemain yang membela Sabah FC itu.

5 dari 5 halaman

Dasar Klasemen

Timnas Indonesia sudah menjalani dua laga di Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026. Tim Merah Putih kalah 1-5 di laga perdana dari Timnas Irak.

Sementara pada laga kedua yang berlangsung, Selasa (21/11/2023), Timnas Indonesia meraih hasil imbang 1-1 di kandang Timnas Filipina.

Saat ini Timnas Indonesia yang memiliki satu poin terjebak di posisi juru kunci klasemen sementara Grup F. Sementara Irak yang dua kali menang dari dua laga memimpin klasemen sementara dengan enam poin.

Video Populer

Foto Populer