Sukses


Perjalanan 2 Musim Pratama Arhan di Liga Jepang: Cuma Main 4 Kali, Tokyo Verdy Promosi, ke Korea Selatan Tahun Depan

Bola.com, Tokyo - Tidak terasa sudah dua musim Pratama Arhan membela Tokyo Verdy di Liga Jepang. Bagaimana penampilan bek Timnas Indonesia tersebut?

Pada Februari 2022, Pratama Arhan memilih untuk meninggalkan PSIS Semarang demi bergabung dengan Tokyo Verdy di kasta kedua Liga Jepang.

Musim pertama Pratama Arhan bersama Tokyo Verdy tidak berjalan mulus. Dia hanya berlaga sekali di J2 League dengan catatan 46 menit bermain.

Lainnya? Untuk masuk dalam daftar susunan pemain Tokyo Verdy pun, Pratama Arhan tidak sanggup. Dia terus berjuang untuk beradaptasi dengan atmosfer dan persaingan di Negeri Sakura.

2 dari 4 halaman

Menikahi Aziza Salsha

Masa depan Pratama Arhan mulai diragukan di Tokyo Verdy. Namun, ia tetap dipertahankan untuk musim 2023 karena masih terikat kontrak semusim lagi.

Dalam musim keduanya di Tokyo Verdy, Pratama Arhan diharapkan mendapatkan jauh lebih banyak menit bermain. Kenyataannya tetap tidak dan di luar ekspektasi.

Pratama Arhan hanya berlaga empat kali, dengan sekali di J2 League dan dua kali di Emperor's Cup atau Piala Kaisar. Dia mencatatkan 210 menit bertanding.

Di pertengahan musim, Pratama Arhan bikin heboh. Di Tokyo, Jepang, ia menikahi Azizah Salsha, putri dari anggota DPR RI, Andre Rosiade. Hubungan keduanya tidak terendus sejak awal.

3 dari 4 halaman

Rumor Hijrah ke Korea Selatan

Pada akhir September 2023, Pratama Arhan diklaim bakal hijrah ke klub divisi satu Korea Selatan, Suwon FC, dengan status bebas transfer pada awal 2024.

"Perhatian khusus diberikan kepada Indonesia. Suwon FC yang sedang membutuhkan pemain asal Indonesia untuk aktif maju, sehingga mencari pemain berkualitas. Jadi, Arhan masuk dalam daftar calon," tulis media Korea Selatan, Chosun.

"Arhan adalah satu di antara bintang terbesar Indonesia. Suwon FC aktif memberikan kesempatan kepada Arhan dan berniat merekrutnya. Arhan pun disebut-sebut menyatakan puas dengan rencana Suwon FC dan memutuskan berangkat ke Korea Selatan," ungkap Chosun.

4 dari 4 halaman

Bawa Tokyo Verdy Promosi

Meski tidak berkontribusi secara signifikan, Pratama Arhan tetap menjadi bagian dari Tokyo Verdy yang berhasil promosi ke kasta teratas Liga Jepang atau J1 League pada musim depan.

Tahun ini kemungkinan akan menjadi musim terakhir untuk Pratama Arhan. Bek sayap kiri itu tinggal menunggu waktu untuk diumumkan Suwon FC buat kompetisi 2024.

"Itu urusah Arhan dan manajemen timnya. Tunggu saja. Nanti kalau ada kepastian, tentu akan diumumkan secara resmi. Pratama Arhan tidak berencana balik ke Indonesia. Insyaallah tetap berkarier di luar negeri," tutur Andre Rosiade, mertua Pratama Arhan.

Video Populer

Foto Populer