Sukses


3 Penyerang yang Layak Dipanggil Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia untuk Piala Asia 2023: Ada Buktinya di Liga 1

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mendapatkan tekanan hebat jelang perhelatan Piala Asia 2023. Turnamen ini bakal jadi kesempatan untuk membuktikan kapasitasnya yang sesungguhnya.

Penampilan buruk Skuad Garuda di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia jelas mengecewakan. Timnas Indonesia dihajar telak di Irak sebelum merebut satu poin dari markas Filipina.

Banyak perdebatan tentang kiprah pelatih yang akrab disapa STY tersebut. Satu poin mengemuka, tentang komposisi pemain yang dibawanya dalam dua laga tersebut.

Dua gol dari dua laga di kandang lawan tentu bukan hal yang buruk. Namun, publik menganggap pria asal Korea Selatan itu bisa meningkatkan daya gedor dengan mengganti sejumlah pilar lini serang.

Melihat komposisi Timnas Indonesia yang ada, STY mungkin bisa melirik sejumlah penyerang yang tampil ciamik di BRI Liga 1 2023/24. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya:

====

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Stefano Lilipaly (Borneo FC Samarinda)

Nama pertama yang layak mendapatkan kesempatan kedua ke Timnas Indonesia adalah Stefano Lilipaly. Pemain naturalisasi itu tampil cemerlang di kompetisi domestik musim ini.

Dalam 21 pertandingan yang telah dijalani, eks penggawa Bali United itu sanggup mengemas sembilan gol dan 11 assist. Ia juga membawa Pesut Etam bertengger di puncak klasemen.

Melihat catatan tersebut, praktis ini musim terbaiknya selama berkarier di Indonesia. Tetapi keputusan untuk membawanya ke Qatar tetap berada di tangan STY.

3 dari 4 halaman

Dedik Setiawan (Arema FC)

Nama lainnya yang layak dicoba ke Timnas Indonesia adalah penyerang Arema FC, Dedik Setiawan. Walaupun tak rutin mencetak gol, pria berusia 29 tahun itu tetap tampil produktif dengan menit bermain terbatas.

Saat berada di klubnya, ia juga tidak kaku saat ditempatkan lebih melebar. Seperti halnya, Dendy Sulistyawan, ia bisa membuka ruang bagi rekan-rekannya untuk menerobos ke kotak penalti.

Kelebihan lainnya, pria asli Malang itu bukan wajah asing di Timnas Indonesia. Sejak mendapatkan caps perdana pada 2018 silam, Dedik tercatat 15 kali membela Merah Putih termasuk di era STY.

4 dari 4 halaman

Moh. Khanafi (Persik Kediri)

Namun, jika STY berniat mencari penyerang yang benar-benar fresh untuk perhelatan Piala Asia 2023. Sosok Moh. Khanafi mungkin patut menjadi pertimbangan.

Penggawa Persik Kediri itu selalu mampu membuktikan kualitasnya saat diberikan kepercayaan. Catatan sembilan gol dan satu assist dengan menit bermain seadanya sudah cukup jadi bukti.

Kecepatan jadi modal terbesarnya dalam menerobos pertahanan lawan. Umpan-umpan jauh dari Jordi Amat, Marc Klok, atau bahkan Ivar Jenner di Timnas Indonesia, mungkin bisa dipercayakan kepadanya.

Video Populer

Foto Populer