Sukses


BRI Liga 1: Tampilan Baru Stadion GBT, Persebaya Vs Persija Bakal Dihiasi dengan Papan LED

Bola.com, Surabaya - Suporter Persebaya Surabaya, Bonek, bakal merasakan tampilan baru Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya. Momen itu akan lahir saat menjamu Persija Jakarta dalam pekan ke-21 BRI Liga 1 2023/2024, Sabtu (9/12/2023).

Di sekeliling lapangan Stadion GBT akan terpasang papan LED. Ya, ini juga jadi kali pertama Persebaya bermain di stadion tersebut dengan menggunakan papan iklan elektronik.

Sebelumnya, sejak berlaga di Liga 1 musim 2018, Persebaya selalu menggunakan papan iklan konvensional. Hal itu berbeda dengan beberapa klub Liga 1 lain yang sudah menggunakan papan LED sejak lama.

“Persebaya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Bu Kadisbudporapar, beserta jajaran, sehingga hari ini LED Board bisa mulai dipasang di Stadion Gelora Bung Tomo,” kata Ram Surahman, sekretaris tim Persebaya.

“Dengan demikian, cukup waktu bagi Persebaya bersama tim teknis untuk memasang piranti baru tersebut untuk digunakan dalam pertandingan melawan Persija Jakarta pada Sabtu nanti,” imbuh pria asli Gresik itu.

2 dari 4 halaman

Setelah Piala Dunia U-17

Pemasangan papan LED ini telah sesuai dengan regulasi baru LIB yang diterapkan untuk musim ini. Namun, Persebaya belum bisa melakukannya karena Stadion GBT digunakan untuk menggelar Piala Dunia U-17 2023.

Selama Piala Dunia U-17 2023 sendiri, Stadion GBT uga telah melakukan pemasangan papan LED. Kini, Persebaya tinggal meneruskan “warisan” Piala Dunia U-17 yang sudah melakukan sejumlah penerapan.

“Kami dari Persebaya bertekad, untuk meneruskan apa-apa yang baik di Piala Dunia. Termasuk LED board ini adalah realisasi dari itu, luasannya sama persis dengan yang dipakai Piala Dunia,” ucap Ram.

Tidak hanya dari sisi fisik, sistem penyelenggaraan pertandingan lainnya pun Persebaya berupaya mengadopsi apa yang diselenggarakan selama Piala Dunia.

3 dari 4 halaman

Nyaman untuk Penonton

Salah satunya, pengosongan area perimeter dari seluruh jenis kendaraan. Kendaraan VVIP berstiker pun, hanya bisa masuk ke area perimeter untuk menurunkan penumpang. Setelah itu harus keluar dan parkir di areal parkir khusus.

“Semuanya dilakukan untuk stadion yang lebih nyaman untuk seluruh penonton,” tutur Ram Surahman.

Duel melawan Persija ini jadi ajang kembalinya Persebaya ke Stadion GBT. Sebab, mereka sempat menunda dua laga kandang karena masih digunakan untuk menggelar Piala Dunia U-17 2023.

Masing-masing merupakan jadwal pertandingan melawan Persis Solo dan PSIS Semarang dalam BRI Liga 1 2023/2024 yang seharusnya digelar pada tanggal 2 dan 26 November 2023.

4 dari 4 halaman

Kembali ke GBT

Dua laga itu sebenarnya telah diatur akan digelar di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik. Untuk laga pertama melawan Persis, duel ini terpaksa ditunda menjadi 13 Desember 2023 karena manajemen Persebaya tidak mengantongi izin.

Kemudian, Persebaya untuk kali kedua harus menunda laga kandang saat menjamu PSIS Semarang. Penyebabnya, Stadion GJS sempat menjadi tempat kerusuhan yang melibatkan suporter pada Minggu (19/11/2023). 

Setelah Piala Dunia U-17 2023 rampung, Persebaya kini akhirnya bisa kembali menggunakan Stadion GBT sebagai kandang di Liga 1. Terdekat, mereka akan menjamu Persija Jakarta dalam pekan ke-21, Sabtu (9/12/2023) sore.

Video Populer

Foto Populer