Sukses


BRI Liga 1: Rizky Ridho dan Hansamu Yama Balik ke GBT, Pelatih Persija Beri Pesan Menyentuh

Bola.com, Surabaya - Aroma reuni bakal mennghiasi pertemuan antara Persebaya Surabaya dan Persija Jakarta. Ada dua eks Persebaya yang kini telah berstatus sebagai pemain Persija.

Mereka adalah duo bek Rizky Ridho dan Hansamu Yama. Keduanya untuk kali pertama sejak meninggal Persebaya akan kembali ke Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya. Duel pekan ke-22 BRI Liga 1 2023/2024 akan berlangsung pada Sabtu (9/12/2023).

Pelatih Persija, Thomas Doll, memahami situasi yang akan dihadapi oleh dua pemainnya itu. Baik Ridho maupun Hansamu sama-sama pernah membukukan kenangan masih bersama Persebaya.

"Ya, saya tahu cerita itu. Maksud saya, Ridho berhasil menjadi pemain Timnas Indonesia berawal dari Persebaya. Dia melakukan pekerjaan yang baik di sini. Ya, dia punya riwayat," kata Thomas dalam sesi konferensi pers jelang laga, Jumat (8/12/2023).

"Juga Hansamu, saya tahu juga itu. Dia pernah cerita tentang Persebaya Surabaya. Mereka akan punya peluang masuk starter besok," imbuh pelatih asal Jerman itu.

2 dari 4 halaman

Jadi Idola

Hansamu yang lebih senior mulai bergabung Persebaya di Liga 1 2019. Dia saat itu jadi andalan lini belakang berduet dengan Otavio Dutra. Namanya cukup diandalkan mengingat saat itu dia stoper yang reguler membela Timnas Indonesia.

Nama Rizky Ridho lantas baru masuk tim senior Persebaya mulai musik 2020. Menariknya, Ridho secara terbuka mengaku mengidolakan Hansamu. Dua bek lokal itu lantas jadi duet jantung pertahanan Persebaya yang musim itu tidak merekrut bek asing.

Keduanya tercatat sama-sama pemain jebolan kluh internal Persebaya. Mereka juga jadi bagian tim Bajul Ijo yang menjuarai Piala Gubernur Jatim 2020, yang menariknya mengalahkan Persija di partai final pada 20 Februari 2020.

3 dari 4 halaman

Berpisah karena Pandemi

Sayang, Liga 1 2020 ditiadakan akibat pandemi. Hansamu lantas memutuskan pergi dan bergabubg Bhayangkara pada 2021. Setahun setelahnya, Hansamu hijrah ke Persija pada 2022 dan masih masuk skuat Macan Kemayoran sampai sekarang.

Cerita berbeda dimiliki Ridho yang menjadi pemain Persebaya selama dua musim, yakni 2021/2022 dan 2022/2023. Sayangnya, dia menorehkan perpisahan yang kurang baik pada akhir musik lalu.

Saat itu, dia meninggalkan Persebaya dalam situasi Liga 1 2022/2023 belum rampung. Penyebabnya, kontrak Ridho keburu habis sebeluk musim berakhir dan pada akhirnya Persija jadi klub yang sukses mengamankan tanda tangannya di musim ini.

4 dari 4 halaman

Pesan Thomas Doll

Thomas mengingatkan kepada Ridho maupun Hansamu untuk tidak lupa berterima kasih pada Persebaya. Sebab, bersama Bajul Ijo keduanya sempat menorehkan catatan gemilang.

"Buat mereka, ini bukanlah laga yang biasa karena ketika kembali ke klub lama, saya tahu juga dari karier saya sebagai pemain, rasanya spesial. Anda akan sangat berterima kasih dan memiliki waktu di sini. Ada kenangan dengan pelatih, klub, dan suporter. Semoga mereka akan menjalani sore yang indah besok," ucap Thomas Doll.

Video Populer

Foto Populer