Sukses


Tambal Sulam Pemain Ala Persib dan Persik di BRI Liga 1: Cara Instan Mendongkrak Performa Dua Macan

Bola.com, Jakarta Para kontestan memanfaatkan bursa transfer kedua BRI Liga 1 2023/2024 untuk tambal sulam kekuatan masing-masing. Begitu pula dilakukan Persib Bandung dan Persik Kediri yang bakal bentrokan pekan ke-22 di Stadion GBLA Bandung, Minggu (10/12/2023).

Putaran kedua telah berjalan empat laga. Maung Bandung dan Macan Putih juga sudah menjajal pemain barunya.

Persib dengan kekuatan finansial bagus merekrut penggawa level tinggi. Apalagi mereka juga berambisi menjuarai Liga 1 musim ini.

Tanpa meremehkan keuangan Persik, setidaknya manajemen mampu belanja pemain tak kalah berkualitas. Lalu, tim manakah paling sukses melakukan tambal sulam?

2 dari 5 halaman

Materi Ngeri Maung Bandung

Dengan target tinggi yang dibebankan ke pundak pelatih Bojan Hodak, tentu saja manajemen Persib harus memenuhi kehendak sang arsitek.

Meski gawang Persib paling minim kebobolan, tampaknya mereka butuh pesaing bagi Teja Paku Alam. Kiper baru asal Filipina, Kevin Ray Mendoza pun dikontrak. Kevin Mendoza adalah kiper yang sebelumnya memperkuat klub asal Malaysia, Kuala Lumpur City FC.

Stefano Beltrame juga diterbangkan dari Italia. Dia diboyong ke Bandung di saat berstatus tanpa klub sejak Juli 2023. Klub terakhir yang dibelanya adalah CS Maritimo, tim divisi kedua Liga Portugal.

Stefano diharapkan bisa menggantikan peran Levy Madinda (Gabon) yang dikembalikan ke Johor Darul Takzim. Stefano telah menjalani debut pada laga Persib kontra PSM yang berakhir imbang 0-0 di Bandung.

3 dari 5 halaman

Peminjaman

Kedatangan dua pemain impor tersebut memaksa Daisuke Sato dan Tyronne del Pino pulang ke Filipina dan Spanyol. Beberapa pemain lokal juga dilepas seperti Eriyanto yang dipinjamkan ke PSPS di Liga 2 2023.

Sedangkan Robi Darwis juga dipinjamkan ke Dewa United FC. Anak didik Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20 dan U-23 itu ditukar dengan Henhen Herdiana. Sebelumnya, Henhen Herdiana sempat dipinjamkan ke Dewa United pada awal musim ini.

 

4 dari 5 halaman

Persik Bikin Bulu Bergidik

Persik tak begitu aktif belanja pemain seperti Persib. Namun tim asal Kota Kediri ini sangat realistis di bursa transfer.

Setelah melepas Kurniawan Kartika Ajie ke Persita, mereka mengontrak kiper kawakan Miswar Saputra. Untuk sementara, eks PSM ini belum dicoba berdiri di bawah mistar.

Namun pelatih Marcelo Rospide telah memberi ruang bermain kepada bek muda Achmad Nuri Fasya, Irfan Bachdim, dan Ze Valente. Performa ketiganya tak mengecewakan.

 

5 dari 5 halaman

Irfan Bachdim

Irfan Bachdim dengan segudang pengalamannya bisa langsung nyetel dengan rekan setimnya. Sementara Ze Valente membantu kemenangan Persik atas Arema FC 0-1 lewat assist.

Khusus Irfan Bachdim dan Ze Valente, tentu ini merupakan pembelian sangat jitu. Bahkan jika diduetkan dengan Renan Silva, maka Ze Valente akan menambah kekuatan lini tengah Persik bikin bergidik bulu roma para pesaing di putaran kedua nanti.

Video Populer

Foto Populer