Sukses


Ironi Mitra Kukar: Dulu Punya 4 Mantan Pemain Liga Inggris, Kini Mundur dari Liga Indonesia

Bola.com, Kutai Kartanegara - Mitra Kukar menyerah. Tim berjulukan Naga Mekes itu memilih untuk tidak eksis di Liga Indonesia pada musim ini.

Mitra Kukar seharusnya bermain di Liga 3 Kalimantan Timur (Kaltim) North Districk yang akan digelar di Stadion Rondong Demang, Tenggarong, pada 15-29 Desember 2023.

Naga Mekes juga semestinya bersaing dengan Persikutim Kutai Timur, Berau FC, Persikubar Kutai Barat, Sangkulirang FC, ACN Muara Badak FC, Persisam United, dan Kartanegara FC.

Namun, lewan akun Instagramnya, @pssikaltim, Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Kaltim mengabarkan bahwa Mitra Kukar menarik diri dari Liga 3 musim ini.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Bukan karena Finansial

"Tidak sama sekali. Kalau urusan finansial tidak ada masalah, tapi kami mundur karena tim ini belum ada persiapan sama sekali," ujar manajer Mitra Kukar, Nor Alam, terkait alasan pengunduran diri Naga Mekes dinukil dari Koran Kaltim.

Era 2010-an, Mitra Kukar pernah menjadi tim yang disegani berkat sokongan dari Endri Erawan, yang kini menjadi anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, dan Roni Fauzan.

Mitra Kukar promosi ke kasta teratas Liga Indonesia pada 2011/2012 dan memiliki pencapaian yang konsisten sebelum terdegradasi pada 2018.

3 dari 4 halaman

Tim yang Disegani

Naga Mekes bahkan pernah back to back mengunci peringkat ketiga Indonesia Super League (ISL) pada 2013 dan Wilayah Timur 2014.

Saking seriusnya berkancah di divisi teratas Liga Indonesia, Mitra Kukar sempat mempunyai empat pemain berlabel Liga Inggris.

Keempatnya adalah mantan penyerang Everton, Marcus Bent yang direkrut pada 2011, eks bek Sunderland, Roy O'Donovan pada 2015, bekas gelandang Liverpool dan Juventus, Mohammed Sisoko pada 2017, dan mantan pemain Liverpool dan Newcastle United, Danny Guthrie, pada 2018.

4 dari 4 halaman

Juara Piala Jenderal Sudirman 2015

Sementara, pemain lokal ternama yang pernah memperkuat Mitra Kukar antara lain Hamka Hamzah, Ahmad Bustomi, Fadil Sausu, Zulham Zamrun, Zulkifli Syukur, Bayu Pradana, hingga Ilija Spasojevic.

Prestasi terbaik Mitra Kukar dalam dua dekade terakhir selain promosi ke ISL yang kini menjadi Liga 1, adalah menjuarai Piala Jenderal Sudirman 2015 setelah mengalahkan Semen Padang di babak final.

Video Populer

Foto Populer