Sukses


Thom Haye Terang-terangan Ingin Dinaturalisasi Timnas Indonesia, PSSI Buka Suara

Bola.com, Jakarta - Wakil Ketua PSSI, Zainudin Amali, buka suara terkait minat dari gelandang SC Heerenveen, Thom Haye, untuk dinaturalisasi Timnas Indonesia.

Amali mengatakan, pihaknya tidak bisa sembarangan menaturalisasi pemain. Sebab, PSSI memerlukan rekomendasi dari pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Kebijakan ini dibuat sejak Amali masih menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI pada 2019-2023 dan diteruskan oleh penggatinya, Dito Ariotedjo.

"Kami proses mana saja yang memungkinkan dan sekarang, prosesnya cukup ketat, tidak seperti dulu," ujar Amali kepada wartawan.

2 dari 5 halaman

Gencar Menaturalisasi Pemain

"Dulu, klub bisa menaturalisasi pemain. Namun, sejak saya masih menjadi Menpora, harus ada kebutuhan dari pelatih Timnas Indonesia yang menyampaikan ke PSSI baru diproses," imbuh Amali.

"Kalau klub ada yang mau naturalisasi pemain, kami tidak mau. Alhamdulillah, kebijakan itu diteruskan oleh Menpora Dito," ucap pria asal Gorontalo tersebut.

PSSI memang sedang gencar-gencarnya menaturalisasi pemain keturunan, terutama yang lahir di Belanda. Terbaru, Justin Hubner telah dilantik sebagai Warga Negara Indonesia (WNI).

3 dari 5 halaman

Menunggu Naturalisasi 3 Pemain

Saat ini, PSSI masih menunggu naturalisasi Jay Idzes, Nathan Tjoe-A-On, dan Ragnar Oratmangoen selesai. Dua nama pertama tinggal menunggu pengambilan sumpah kewarganegaraan RI.

"Jadi, harus mempunyai darah Indonesia sesuai persyaratan FIFA. Kami tidak mau yang tidak memiliki darah Indonesia seperti satu kasus yang pernah terjadi," tutur Amali.

"Akibatnya, proses naturalisasinya menunggu selama lima tahun. Jadi, kami mematuhi aturan FIFA dan pemerintah tidak sembarangan," ungkap Amali.

4 dari 5 halaman

Buka-bukaan Thom Haye

Sebelumnya, Thom Haye terang-terangan ingin dinaturalisasi untuk memperkuat Timnas Indonesia dalam wawancaranya dengan ESPN Belanda pada Rabu (13/12/2023).

"Ya, itu akan menyenangkan. Saya yakin hal itu masih akan terjadi," ujar pesepak bola kelahiran Amsterdam, Belanda, pada 9 Februari 1995 tersebut.

"Sebab, saya sudah menyadarinya dan sekarang saya pada dasarnya belum menjadi bagian dari itu semua," jelas Thom Haye.

5 dari 5 halaman

Pencapaian Thom Haye

Darah Indonesia Thom Haye konon mengalir dari kakeknya yang lahir di Solo, Jawa Tengah dan neneknya yang keturunan Sulawesi Utara.

Thom Haye pernah membela Timnas Belanda U-15 hingga U-21 pada 2009-2015, namun tidak kunjung mendapatkan panggilan dari timnas senior.

Thom Haye adalah pilar Heerenveen di Eredivisie musim ini. Dia hanya absen dua kali alias bermain 13 kali dengan perolehan dua gol, satu assist, dua kartu kuning, dan satu kartu merah.

Video Populer

Foto Populer