Sukses


Mengenal Maarten Paes, Calon Kiper Naturalisasi Timnas Indonesia yang 3 Kali Dibobol Lionel Messi di Amerika Serikat

Bola.com, Dallas - Kiprah Maarten Paes membuat Ketua PSSI, Erick Thohir, naksir. Kiper FC Dallas di Major League Soccer (MLS) ituĀ berpeluang menjadi pemain naturalisasi Timnas Indonesia.

Timnas Indonesia mempunyai pemain naturalisasi di segala posisi, kecuali kiper. Beberapa penjaga gawang keturunan disarankan untuk diproses menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Mulai dari Emil Audero hingga Cyrus Margono. Nama pertama telah menolak. Sosok kedua sebenarnya berminat, tetapi PSSI masih belum tertarik. Pilihan lalu jatuh kepada Maarten Paes.

Maarten Paes lahir di Nijmegen, Belanda, pada 14 Mei 1998. Karier sepak bolanya dimulai ketika membela klub kampung halamannya, NEC Nijmegen, pada 2016-2018.

---

Yuk gabungĀ channel whatsapp Bola.comĀ untuk mendapatkanĀ berita-beritaĀ terbaruĀ tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis.Ā Klik di sini (JOIN)

Ā 
2 dari 5 halaman

Garis Keturunan

Garis keturunan Maarten Paes dikabarkan berasal dari neneknya, yang lahir di Indonesia pada masa Hindia Belanda. "Sama Maarten Paes, kiper utama FC Dallas di MLS," ujar Erick Thohir dalam akun Instagramnya, @erickthohir, pada Sabtu (16/12/2023).

"Kita tunggu lah, kita lihat. Jangan kesusu tapi yang penting semua yang percaya buat bangun Timnas Indonesia, ayo!" tutur pria yang juga Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI tersebut.

Namun, Maarten Paes tidak pernah bermain untuk NEC Nijmegen. Dia memutuskan untuk hijrah ke FC Utrecht pada 2018. Paes mendapatkan banyak kesempatan bertanding, baik di tim utama maupun satelit.

3 dari 5 halaman

Rekam Jejak Maarten Paes

Maarten Paes berlaga 48 kali untuk FC Utrecht di berbagai kejuaraan, termasuk Eredivisie. Ia juga berkancah 18 kali untuk Jong Utrecht, tim muda FC Utrecht.

Total selama berjibaku di bawah mistar gawang FC Utrecht dan Jong Utrecht, Maarten Paes beraksi 66 kali dengan merangkum 12 clean sheet dan 117 kali kebobolan.

Pada awal 2022, Maarten Paes dipinjam FC Dallas untuk durasi selama setengah musim. Menunjukkan performa yang lumayan, ia dipermanenkan pada musim panas 2022 dengan biaya transfer 1 juta euro atau setara dengan Rp16,8 miliar.

4 dari 5 halaman

Melawan Lionel Messi di Leagues Cup 2023

Selama satu tahun setengah, Maarten Paes sudah bermain 70 kali untuk FC Dallas di berbagai kejuaraan, termasuk MLS. Dia 17 kali tidak kebobolan, namun 75 kali kemasukan.

Di Leagues Cup 2023 atau turnamen antarklub Amerika Serikat dan Meksiko, Maarten Paes berhadapan dengan Inter Miami yang diperkuat peraih delapan Ballon d'Or, Lionel Messi.

Ketika itu, Maarten Paes yang bermain sebagai starter, tiga kali dibobol Lionel Messi ketika FC Dallas kalah 3-5 lewat adu penalti dari Inter Miami setelah bermain imbang 4-4Ā pada 16 besar Leagues Cup 2023, 6 Agustus 2023.

5 dari 5 halaman

Pernah Membela Belanda Level Usia

Maarten Paes dua kali ditaklukkan Lionel Messi dalam waktu normal, pada menit keenam dan ke-85, serta sekali dalam adu tos-tosan.

Di MLS musim ini, Maarten Paes membawa FC Dallas ke play-off, namun tersingkir di babak pertama setelah kalah 1-2 dari Seattle Sounders FC dalam format best of three series.

Transfermarkt mencatat pada musim ini, Maarten Paes membukukan 36 penampilan untuk FC Dallas di MLS dan Leagues Cup. Dia 38 kali kebobolan dan sembilan kali nirbobol.

Di level timnas, Maarten Paes total bermain 10 kali untuk Timnas Belanda U-19, U-20, dan U-21 pada periode 2016-2019. Namun, ia belum pernah sekalipun bertanding untuk Belanda senior.

Video Populer

Foto Populer