Sukses


Rapor Mentereng Bojan Hodak Bersama Persib di BRI Liga 1: Buah Kesabaran Bikin Maung Bandung Meroket!

Bola.com, Jakarta - Persib Bandung meroket di BRI Liga 1 2023/2024 berkat racikan sosok pelatih Bojan Hodak. Ia berhasil membawa tim berjulukan Maung Bandung ke papan atas,

Bersama Bojan Hodak, Persib seolah terbang tinggi setelah melewati masa sulit di awal musim bersama Luis Milla. Tim pujaan Bobotoh terpuruk bersama Luis Milla, hingga akhirnya sang pelatih didepak.

Pada 26 Juli 2023, Persib Bandung akhirnya memiliki pelatih baru setelah sebelumnya ditinggal Luis Milla. Maung Bandung memilih memakai jasa pelatih asal Kroasia Bojan Hodak untuk mengarungi sisa BRI Liga 1 2023/2024.

Keputusan Persib menunjuk Bojan Hodak sebagai nahkodanya tidaklah salah. Persib kini bisa Bersaing di papan atas BRI Liga 1. Nangkring di posisi ketiga klasemen sementara dengan nilai 40, dan punya kans lolos ke babak Championship Series.

Berikut ini ulasan menarik dari Bola.com soal rapor Bojan Hodak bersama Persib Bandung.

==

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Punya Pengalaman

Bojan Hodak merupakan pelatih berpengalaman yang sebelumnya pernah sukses di Malaysia bersama Kuala Lumpur FC.

Saat menangani Kuala Lumpur FC, Hodak mampu membawa tim asuhannya menjadi runner-up Piala Malaysia sebelum dikalahkan Johor Darul Ta'zim (JDT) di final.

Hodak sudah tak asing lagi dengan sepak bola Indonesia. Sebelumnya dia sempat menangani PSM Makassar di BRI Liga 1 tahun 2020. Namun, kiprahnya bersama PSM cukup singkat karena kompetisi terpaksa dihentikan akibat adanya pandemi COVID-19.

Selain runner-up Piala Malaysia musim ini, Hodak berhasil mengantarkan Kelantan FA dan Johor Darul Ta'zim menjadi kampiun Liga Super Malaysia tahun 2012 dan 2014. Ia juga merasakan gelar juara Piala FA Malaysia dan Piala Malaysia bersama Kelantan FA pada 2012 dan 2013.

3 dari 6 halaman

Beri Bukti

Awal kedatangan Bojan Hodak di Persib berjalan kurang mulus. Persib ditahan imbang Bali United pada debutnya menggantikan Luis Milla, kemudian kalah dari tuan rumah Persis Solo, dan kembali ditahan Barito Putera.

Tapi Persib secara luar biasa mencatat 14 pertandingan tanpa terkalahkan. Terakhir kali Persib menelan kekalahan adalah pada pekan ke-22, dibekuk Persik 0-2 pada 10 Desember 2023 di rumah sendiri.

Beberapa laga dengan hasil fantastis ditorehkan Persib berkat tangan dingin Bojan Hodak. Di antaranya adalah kemenangan krusial 2-1 di markas PSIS Semarang pada 20 Agustus 2023. Kemudian Persib dibawanya menghancurkan Persita 5-0 tanggal 1 Oktober 2023.

Pada 7 Oktober, Persib meraih kemenangan 3-2 di markas Persebaya. PSS Sleman juga kena bantai Persib 1-4 pada 28 Oktober. Kemenangan fantastis lainnya adalah saat Persib menang 5-1 atas tuan rumah Dewa United pada 26 November 2023.

4 dari 6 halaman

Pilihan Tepat

Penunjukan Bojan Hodak sebagai juru taktik Persib Bandung sepertinya memang pilihan yang tepat. Persib punya peluang besar untuk mewujudkan targetnya sejak awal musim.

Perpindahan pelatih dari Luis Milla ke Bojan Hodak terbayar dengan sukses. Seperti yang disampaikan Deputi CEO PT Persib Bandung Bermartabat, Teddy Tjahjono saat penunjukan Bojan Hodak beberapa waktu lalu terbukti.

Melihat reputasinya, Teddy sangat berharap, pelatih kelahiran Zagreb, 4 Mei 1971 ini bisa meningkatkan level permainan dan prestasi Persib. "Kita berharap, bersama pelatih baru ini, Persib bisa bangkit untuk memburu target awal kita yaitu posisi 4 Besar," kata Teddy saat itu.

Statistik Bojan Hodak bersama Persib musim ini adalah memimpin 18 pertandingan. Sembilan laga di antaranya menang, tujuh kali imbang, dan dua kali kalah. Persib mengumpulkan 33 poin selama dibesut sang manajer.

5 dari 6 halaman

Hasil Persib di Bawah Polesan Bojan Hodak

  1. Persib Vs Bali United (0-0)
  2. Persis Solo Vs Persib (2-1)
  3. Persib Vs Barito Putera (1-1)
  4. PSIS Vs Persib (1-2)
  5. Persib Vs RANS Nusantara (2-1)
  6. Persija Vs Persib (1-1)
  7. Persib Vs Persikabo (2-0)
  8. Bhayangkara FC Vs Persib (1-2)
  9. Persib Vs Persita (5-0)
  10. Persebaya Vs Persib (2-3)
  11. Borneo FC Vs Persib (1-1)
  12. Persib Vs PSS (4-1)
  13. Madura United Vs Persib (0-1)
  14. Persib Vs Arema (2-2)
  15. Dewa United Vs Persib (1-5)
  16. Persib Vs PSM (0-0)
  17. Persib Vs Persik (0-2)
  18. Bali United Vs Persib (0-0)
6 dari 6 halaman

Intip Peta Persaingan di Musim Ini

Video Populer

Foto Populer