Sukses


3 Tim Favorit Juara Piala Asia 2023: Bukan Kaleng-Kaleng dan Punya Sejarah Panjang

Bola.com, Jakarta - Piala Asia 2023 sudah di depan mata. Qatar akan menjadi tuan rumahnya yang mulai digelar pada 12 Januari 2024 dan berakhir pada 10 Februari 2024.

Sebanyak 24 negara berpartisipasi pada putaran final Piala Asia 2023. Timnas Indonesia harus bekerja keras untuk bisa melaju jauh.

Tim Merah-putih tergabung di Grup D bersama Jepang, Irak, dan Vietnam. Nama pertama jelas bukanlah lawan sembarangan. Jepang adalah tim terkuat di Asia saat ini.

Selain Jepang, masih ada kontestan lain yang diunggulkan dapat berbicara banyak pada pergelaran turnamen kali ini.

Bola.com memprediksi tiga tim terkuat yang menjadi favorit memenangkan trofi Piala Asia 2023. Siapa saja mereka? Yuk simak daftarnya di bawah ini.

==

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

 
2 dari 5 halaman

Jepang

Di Grup D Piala Asia 2023, Timnas Jepang akan bersaing dengan Timnas Indonesia, Irak, dan Vietnam. Jepang menjadi negara dengan peringkat FIFA tertinggi. Saat ini FIFA duduk di peringkat ke-20,

Di level Asia, Jepang saat ini duduk di peringkat pertama ranking AFC dan menjadi unggulan ke satu di Piala Asia 2023 mendatang.

Sejak pertama kali Piala Asia digelar pada tahun 1956, Jepang sudah mengemas empat gelar Juara Piala Asia. Jepang berhasil menjadi juara Piala Asia pada tahun 1992,2000,2004 dan 2011.

Pada edisi terakhir Piala Asia 2019, meski tidak berhasil membawa gelar juara, Jepang nyatanya mampu membawa pulang gelar runner up setelah skuadnya kalah dari Qatar di babak Final.

Timnas Jepang dikenal dengan deretan pemain unggulan yang berkarier di berbagai klub ternama. Beberapa di antaranya adalah Kaoru Mitoma, bintang Brighton & Hove Albion, Wataru Endo (gelandang jangkar Liverpool), hingga Takefusa Kubo yang bermain di Real Sociedad.

Penampilan Mitoma yang paling fenomenal kala umpannya yang sempat memunculkan kontroversi dan berujung gol Ao Tanaka hingga membuat Spanyol kalah 1-2 di fase grup Piala Dunia 2022(2/12/22).

Di tangan pelatih Hajime Moriyasu, Timnas Jepang akan tampil percaya diri di Piala Asia 2023 mendatang. Terlebih Jepang dikenal dengan deretan pemain dengan kualitas unggulan.

3 dari 5 halaman

Korea Selatan

Timnas Korsel merupakan kekuatan besar lainnya di sepak bola Asia, selain tetangganya Jepang. Tim negeri Ginseng tersebut sudah berulang kali juara Piala Asia, terutama pada edisi 1956 dan 1960.

Korsel juga merupakan langganan tampil di turnamen besar sepak bola seperti Piala Dunia. Prestasi tertingginya adalah dengan menjadi peringkat keempat Piala Dunia 2002 di rumah sendiri.

Sementara di Piala Asia edisi 2023, Korsel akan tergabung di Grup E bersama Malaysia, Yordania, dan Bahrain. Di atas kertas, tim besutan Juergen Klinsmann jelas sangat diunggulkan untuk melaju jauh.

Korsel memiliki komposisi pemain mumpuni. Nama Son Heung-min dan Hwang Hee-chan menjadi yang palin disorot dengan kiprahnya bersama Tottenham Hotspur dan Wolverhampton.

Klinsmann juga bakal memanggil pemain abroad lainnya seperti; Cho Gue-sung dari FC Midtjylland (Denmark), Lee Jae-sung dari Mainz 05 dan Jeong Woo-yeong dari VfB Stuttgart (Jerman), Hwang In-beom dari Crvena zvezda (Serbia), dan Song Bum-keun dari Shonan Bellmare (Jepang).

4 dari 5 halaman

Arab Saudi

Timnas Arab Saudi adalah kekuatan utama sepak bola Asia di Kawasan Arab. Mereka juga sering berpartisipasi di turnamen besar sepak bola, termasuk Piala Dunia.

Piala Dunia 2022 Qatar jelas tidak akan bisa dilupakan, di mana Arab Saudi mampu mempermalukan Argentina pada laga pertama, sebelum tim Tango menjadi juara dunia.

Arab Saudi sedang jor-joran untuk mengembangkan potensi sepak bolanya. Kehadiran Cristiano Ronaldo dan bintang-bintang beken lainnya, membawa perubahan besar bagi sepak bola di negara yang kaya minyak bumi tersebut.

Arab Saudi juga sudah mengoleksi tiga trofi Piala Asia sepanjang sejarahnya. Yaitu pada edisi 1984, 1986, dan 1996. Mereka juga sempat menjadi runner-up sebanyak tiga kali.

Arab Saudi akan dibesut pelatih top Italia, Roberto Mancini. Eks manajer Gli Azzurri itu berjanji akan membawa timnas Arab Saudi menjuarai Piala Asia 2023 setelah puasa gelar selama 27 tahun lamanya.

Pada Piala Asia 2023 nanti, Arab Saudi akan bersaing di Grup F bersama Thailand, Kirgistan, dan Oman.

5 dari 5 halaman

Pembagian Grup Piala Asia 2023

Video Populer

Foto Populer