Sukses


Cerita Hebat Hendro Kartiko: Main di 3 Piala Asia, Dapat 2 Gelar MVP

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia pernah melahirkan banyak penjaga gawang hebat. Satu di antaranya bernama Hendro Kartiko.

Kiper kelahiran Banyuwangi, Jawa Timur itu pernah lama menjadi langganan Timnas Indonesia. Bahkan, Hendro punya 60 caps bersama Tim Merah Putih.

Selain itu, nama Hendro Kartiko juga terukir di buku rekor. Eks kiper andalan Persebaya Surabaya itu tercatat sebagai pemain Indonesia dengan catatan penampilan terbanyak di Piala Asia.

Hendro Kartiko delapan kali terlibat dalam pertandingan Piala Asia. Itu terjadi pada edisi Piala Asia 1996, 2000, dan 2004.

"Pengalaman yang berkesan, buat saya pribadi itu sesuatu yang luar biasa. Saya Alhamdulillah dapat kepercayaan di Piala Asia 1996, 2000, dan 2004," kata Hendro Kartiko di akun Instagram resmi Timnas Indonesia.

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Berawal sebagai Pelapis

Piala Asia 1996 menjadi debut Hendro Kartiko. Saat menjalani debut, Hendro masih berusia 23 tahun.

Menariknya, saat itu dia bukanlah kiper utama Timnas Indonesia di Piala Asia 1996. Ia masuk menggantikan Kurnia Sandy yang cedera dalam laga perdana melawan Kuwait.

Hebatnya, Hendro meraih gelar pemain terbaik pada laga yang berakhir dengan skor imbang 2-2 tersebut.

"Semuanya berkesan. Pertama 1996 itu debut sebagai pengganti pada pertandingan pertama melawan Kuwait dapat MVP," ujarnya.

3 dari 5 halaman

Kemenangan Pertama

Kemenangan pertama Timnas Indonesia hadir pada Piala Asia 2004. Saat itu, Tim Garuda yang diasuh Ivan Kolev menang 2-1 atas Timnas Qatar.

Hendro Kartiko tampil penuh dalam laga yang digelar di Beijing, China itu. Hendro pun kembali meraih gelar MVP.

"Alhamdulillah dapat MVP lagi pas lawan Qatar di Piala Asia 2004, dan lawan Qatar itu kemenangan pertama," tandasnya.

4 dari 5 halaman

Unggahan Instagram Timnas Indonesia

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Timnas Indonesia (@timnas.indonesia)

5 dari 5 halaman

Hasil Undian Babak Grup Piala Asia 2023

Video Populer

Foto Populer