Sukses


Menilik Performa Jay Idzes selama Berkarier di Eropa: Pemain Serbaguna Jebolan Kasta Tertinggi Liga Belanda

Bola.com, Jakarta Proses naturalisasi yang dijalani oleh bek keturunan Indonesia-Belanda, Jay Idzes, akhirnya tuntas. Setelah merampungkan proses sumpah janji setia menjadi WNI, dia bakal jadi amunisi baru bagi Timnas Indonesia.

Sebelumnya, Jay Idzes telah melakukan proses tersebut di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) DKI Jakarta, Kamis (28/12/2023).

Setelah resmi menjadi WNI, pemain berusia 23 tahun itu sudah tak sabar untuk segera memperkuat Timnas Indonesia dan memberikan kontribusi sebanyak mungkin untuk skuad Merah Putih.

“Bagi saya pribadi, saya hanya ingin bermain sesegera mungkin dan bergabung dengan skuad Garuda dan kami harus melihat apa yang akan kami lakukan,” kata Jay Idzes, Kamis (28/12/2023).

Hadirnya Jay Idzes tentu memberikan opsi baru bagi Shin Tae-yong di sektor pertahanan Timnas Indonesia. Jika menilik performanya selama beberapa musim terakhir, dia bakal jadi benteng yang kuat.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Pilihan Utama di Liga Italia

Saat ini, Jay Idzes berstatus sebagai pemain Venezia, klub yang berkompetisi di ajang Serie B alias kasta kedua Liga Italia. Pada awal musim 2023/2024, dia sebetulnya sempat menjadi pilihan utama.

Sebab, bek kelahiran 2 Juni 2000 itu selalu bermain penuh selama 2x45 menit pada sembilan pertandingan awal Venezia musim ini. Hasilnya cukup impresif karena timnya hanya kalah satu kali.

Sayangnya, Jay Idzes sempat mengalami cedera dan harus absen dari periode Oktober hingga Desember 2023. Hasil diagnosis menyebutkan dia mengalami Trombosis Vena, alias penyumbatan pembuluh darah vena akibat pembekuan darah.

3 dari 4 halaman

Jebolan Kasta Tertinggi Liga Belanda

Sebelum bergabung dengan Venezia, Jay Idzes lebih dulu bermain bersama Go Ahead Eagles di kasta tertinggi Liga Belanda. Dia menjadi aktor yang membantu timnya promosi pada akhir musim 2020/2021.

Setelah itu, dia menjalani dua musim beruntun di ajang Eredivisie, yakni pada edisi 2021/2022 dan 2022/2023. Selama periode ini, bek jebolan akademi PSV Eindhoven itu mendapatkan menit bermain yang reguler.

Pada musim 2021/2022, misalnya, dia mencatat 21 penampilan di ajang Eredivisie serta empat laga di KNVB Beker. Musim berikutnya, Jay Idzes bermain 32 pertandingan di Eredivisie dan tiga laga di KNVB Beker.

 

4 dari 4 halaman

Karakter Pemain Serbaguna

Catatan penampilan yang diukir oleh bek berpostur 191 cm ini juga terhitung istimewa. Sebab, dia bisa menempati sejumlah posisi sesuai dengan kebutuhan tim. Posisi utamanya memang sebagai bek tengah.

Namun, karakter multi-posisi tersebut membuatnya bisa ditempatkan di lini tengah. Saat memperkuat Go Ahead Eagles, misalnya, dia bermain 52 kali sebagai bek tengah di berbagai ajang.

Selain itu, ada 30 pertandingan di mana Jay Idzes diplot sebagai gelandang bertahan. Sisanya, ada tujuh momen ketika dia bertugas sebagai gelandang tengah. Karakter ini tentu memudahkan Shin Tae-yong untuk memaksimalkan potensinya sesuai taktik dan strategi. 

Video Populer

Foto Populer