Sukses


Jay Idzes Tak Bisa Masuk ke Skuad Timnas Indonesia di Piala Asia 2023, Ini Penyebabnya

Bola.com, Jakarta - Jay Idzes sudah menyelesaikan proses naturalisasi. Kamis (28/12/2023), Idzes menjalani upacara sumpah janji setia untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Proses sumpah janji setia itu dilakukan Jay Idzes di Kantor Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta. Meski sudah menjadi WNI, Idzes masih belum bisa berlaga di Piala Asia 2023.

Diketahui, Piala Asia 2023 akan digelar di Qatar mulai 12 Januari 2024. Anggota Exco PSSI, Endri Erawan menjelaskan mengapa Jay Idzes tak bisa berlaga bersama Timnas Indonesia di turnamen itu.

"Jay Idzes belum bisa ikut Piala Asia karena kita berharap sebenarnya Jay bisa main di Piala Asia dan bahkan namanya sudah masuk dalam 50 list oleh Shin Tae-yong," ucap anggota Komite Eksekutif PSSI, Endri Erawan.

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Sudah Tutup

Endri Erawan menyebut proses naturalisasi Jay Idzes sedikit meleset dari jadwal yang sebelumnya diperkirakan. Ketika Idzes sudah memegang paspor Indonesia, AFC sudah menutup pendaftaran pemain untuk Piala Asia 2023.

"Namun apa mau dikata dari AFC sudah ditutup semua pendaftaran dan kesempatan membela timnas di Piala Asia tertutup untuk Jay Idzes," jelas Endri.

Diketahui setiap kontestan di Piala Asia 2023 berhak mendaftarkan 26 pemain. Saat ini ada 28 pemain Timnas Indonesia yang tengah menjalani  pemusatan latihan di Turki.

3 dari 3 halaman

Kualifikasi Piala Dunia 2026

Kendati gagal berlaga di Piala Asia 2023, Jay Idzes tak perlu terlalu risau. Menurut Endri Erawan, tenaganya masih akan digunakan di skuad Timnas Indonesia.

Selepas Piala Asia 2023, tepatnya pada Maret 2024, Timnas Indonesia akan kembali berlaga dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

"Kita masih berharap di bulan Maret nanti ada Kualifikasi Piala Dunia yang menghadapi Vietnam dan tiga pertandingan lainnya home, satu away, kita masih berpikir apakah mungkin untuk menambah satu atau dua pemain di bulan Januari nanti," kata Endri Erawan.

 

Video Populer

Foto Populer