Sukses


Sepak Terjang Justin Hubner di Inggris: Bek Indonesia Pertama di Premier League yang Sangat Produktif

Bola.com, Jakarta - Premier League baru saja memastikan perubahan kebangsaan bek Wolverhampton Wanderers U-21, Justin Hubner. Pria kelahiran Belanda itu resmi menjadi seorang warga negara Indonesia (WNI).

Peralihan kewarganegaraan itu merupakan sesuatu yang diidam-idamkan oleh Hubner. Sempat maju mundur, Justin Hubner akhirnya mantap memilih paspor Indonesia seperti halnya Rafael Struick dan Ivar Jenner.

Kedua kompatriotnya memang lebih dulu menyelesaikan proses naturalisasi. Mereka bahkan bertanding kontra juara Piala Dunia 2022, Timnas Argentina, pada pertengahan tahun ini.

Kembali ke Justin Hubner, transformasi ini mungkin akan membawa perubahan untuknya. Satu di antaranya, apakah kariernya di Inggris bakal terhenti?

FA (PSSI-nya Inggris) memang punya syarat yang cukup ketat. Satu di antaranya adalah mengatur pemain asing yang datang ke kompetisi mereka merupakan bagian dari 50 besar rangking FIFA.

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Rangking Dunia Bukan Syarat Mutlak

Bila mengacu rangking FIFA, Justin Hubner jelas tak memenuhi syarat lantaran Indonesia berada jauh di peringkat ke-147 dunia. Namun, FA punya pedoman khusus untuk pemain home-grown.

Dalam konteks ini, seorang pemain yang direkrut secara profesional oleh klub di bawah naungan FA maupun Football League harus sudah berada di tim selama 36 bulan alias tiga tahun sebelum usianya mencapai 21 tahun.

Syarat ini yang bisa dipenuhi oleh pemain berusia 20 tahun tersebut. Ia telah berada di Wolves U-18 sejak 2020 dan menjadi bagian dari Wolves U-21 sejak tahun lalu.

 

3 dari 4 halaman

Bek Tangguh nan Produktif

Justin Hubner bukan bek sembarangan di Premier League 2 (kompetisi teratas untuk tim U-21). Ia tampil penuh dalam 10 pertandingan bersama Wolves U-21.

Bahkan, eks pemain FC Den Bosch U-21 itu juga tampil cukup produktif. Catatan empat gol yang dibuatnya sejauh ini menjadikannya bek paling produktif.

Namun, penampilan cemerlangnya tak sejalan dengan prestasi klub. Wolverhampton U-21 tertahan di peringkat 12 dengan 13 poin.

 

4 dari 4 halaman

Tampil di Premier League?

Penampilan individu yang ciamik di tim muda membuat pelatih Wolves, Gary O'Neil, tertarik dengannya. Dia mengajak Justin Hubner berlatih bersama Hwang Hee-chan dkk.

Kesempatan besar itu datang pada laga kontra Arsenal, awal Desember tahun ini. Ia masuk skuad yang melawat ke Stadion Emirates.

Walaupun tak mendapatkan menit bermain pada laga yang berakhir untuk kemenangan tuan rumah, pengalaman tersebut tentu akan semakin memotivasi Hubner.

Video Populer

Foto Populer