Sukses


3 Fakta Menarik yang Terjadi Selama Timnas Indonesia Menggelar TC di Turki

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia sudah bertolak dari Tanah Air untuk pemusatan latihan (TC) di Antalya, Turki, sejak Rabu (20/12/2023). Ada beberapa hal menarik yang terjadi selama itu pula.

Adapun TC tersebut digelar sebagai rangkaian persiapan Timnas Indonesia menuju Piala Asia 2023. Turnamen sepak bola antarnegara tertinggi di Benua Kuning itu akan dihelat pada 12 Januari sampai 10 Februari 2024.

Piala Asia 2023 bakal dilangsungkan di Qatar, dan Timnas Indonesia memilih pemusatan latihan di Antalya, Turki. Anak asuh Shin Tae-yong juga akan menjalani dua laga uji coba melawan Libya.

Lantas, hal menarik apa saja yang terjadi selama TC Timnas Indonesia di Turki? Berikut ini Bola.com merangkumnya.

--

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Fokus Menguatkan Fisik

Selama berada di Turki, Timnas Indonesia melahap porsi latihan beragam. Namun sejak seminggu setelah kedatangan rombongan skuad Garuda di Antalya, Shin Tae-yong menginstruksikan para pemainnya untuk menguatkan kondisi fisik.

Maklum saja, Piala Asia 2023 digelar di Qatar yang pada pertengahan Januari hingga Februari 2024 diperkirakan bersuhu panas. Oleh karena itu, penguatan fisik jadi titik fokus utama Timnas Indonesia.

"Hari ini latihan satu lawan satu, dua lawan dua, tiga lawan tiga, kita latihan lari fisik, kita latihan lompat, fisik-fisik semua fisik, untuk minggu ini atau dua minggu ini, supaya fisik kita terus naik sebelum mulai taktik," ucap gelandang Timnas Indonesia, Marc Klok dinukil dari laman resmi PSSI.

Sementara itu, pelatih fisik timnas Indonesia, Shin Sang-gyu menuturkan beberapa jenis latihan yang dijalani oleh para penggawa Timnas Indonesia.

"Salah satunya adalah memperkuat otot-otot kecil. Dalam waktu yang diberikan ini, kami memaksimalkannya, supaya dapat hasil yang sempurna. Dalam waktu singkat ini, memang sulit juga untuk meningkatkan kekuatanya langsung, tetapi memang otot-otot kecil yang dikembangkan, akan berdampak ke stamina pemain sekarang," kata Shin Sang-gyu.

3 dari 4 halaman

Fasilitas Latihan Mantap

Selain itu, ternyata ada alasan utama mengapa Shin Tae-yong memilih Antalya sebagai lokasi TC meskipun udara di sana bisa mencapai 14 derajat celcius. Rupanya, fasilitas di Huseyin Aygun Football Center, Titanic Deluxe Belek, berkualitas dunia.

Hal itu diungkapkan oleh Zainudin Amali, Menpora yang ditugaskan Erik Thohir untuk mengecek langsung TC Timnas Indonesia. Ia menyebut kelengkapan fasilitas sampai makanan yang disiapkan juga sangat top.

"Penginapannya juga baik, makanan luar biasa dan memenuhi unsur gizi. Saya kira ini sangat terpenuhi. Kita semua menunggu apa yang diinginkan pelatih nantinya," kata Zainudin Amali.

 

4 dari 4 halaman

3 Pemain Belum Gabung TC

Berbeda dengan pemain Timnas Indonesia yang berkarier di klub Asia, termasuk BRI Liga 1, sejumlah penggawa yang bermain di Eropa belum bergabung dengan rombongan di Turki.

Di luar itu, ada Shayne Pattynama yang datang ke Turki karena musimnya bersama klub Viking FK (Norwegia) telah usai. Kemudian Marselino Ferdinan yang baru pulih dari cedera merapat, dilanjut Jordi Amat pada Rabu (27/12/2023) setelah menjalani pemulihan cedera bahu.

Sementara Rafael Struick dan Ivar Jenner bergabung pada hari Kamis (28/12/2023) malam. Namun, ada tiga pemain yang belum merapat ke Antalya.

Hingga berita ini turun, tiga nama yang belum datang ke Turki yakni Elkan Baggott, Justin Hubner, dan Sandy Walsh. Sandy Walsh memainkan laga terakhirnya bersama KV Mechelen pada 28 Desember lalu.

Elkan Baggott masih punya jadwal dengan Ipswich Town. Jadwal di Inggris memang cukup padat. Ipswich akan bermain lawan Stoke City pada 1 Januari 2024. Elkan Baggott mungkin bakal masuk susunan pemain lagi.

Sementara, jadwal Justin Hubner bersama Wolverhampton sudah longgar. Pemain 20 tahun diyakini akan merapat ke Turki dalam waktu dekat.

Video Populer

Foto Populer