Sukses


Witan Sulaeman Jadi Bek Kanan Saat Timnas Indonesia Keok dari Libya, Permanen di Piala Asia 2023?

Bola.com, Antalya - Witan Sulaeman dimainkan di posisi yang tak lazim saat Timnas Indonesia kalah dari Libya dalam laga uji coba Selasa (2/1/2024) malam WIB. Witan dimainkan di posisi bek kanan pada laga yang berakhir 0-4 itu.

Posisi itu tak lazim bagi Witan Sulaeman di Timnas Indonesia. Selama ini eks pemain FK Senica itu kerap dimainkan di posisi gelandang serang atau winger.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong membeberkan alasannya memainkan Witan di posisi itu. Menurut Shin, Witan cukup familiar dengan posisi tersebut.

Witan Sulaeman dimainkan di posisi wing back kiri saat masih memperkuat Persija Jakarta di putaran pertama BRI Liga 1 2023/2024.

"Karena situasi harus memainkan semua pemain, mau tidak mau Witan main di bek kanan, Witan pernah main di posisi wing back kiri di Persija dalam skema tiga bek," ujar Shin Tae-yong dalam konferensi pers virtual, Rabu (3/1/2024).

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Tak Akan Permanen

Kemudian timbul pertanyaan mengenai apakah Witan Sulaeman akan bermain di posisi bek kanan selama berlaga di Piala Asia 2023? Jawabannya ternyata tidak.

Di posisi bek kanan, Timnas Indonesia memang sudah memiliki beberapa pemain tetap. Sebut saja Asnawi Mangkualam, Sandy Walsh, atau Yakob Sayuri.

"Saya bertanya kepada Witan dan dia tidak masalah main di situ. Tapi, saya tidak akan memainkan Witan di posisi bek kanan terus di Piala Asia 2023," jelas Shin Tae-yong.

3 dari 3 halaman

Formasi Berbeda

Pada laga melawan Libya, Shin Tae-yong menggunakan formasi 4-4-2. Shin sebenarnya cukup jarang menggunakan formasi itu.

Ia lebih sering menggunakan formasi tiga bek selama menukangi Timnas Indonesia. Shin Tae-yong pun menyatakan masih akan melakukan perubahan formasi sebelum berlaga di Piala Asia 2023.

"Formasi mungkin akan beda dibadingkan pertandingan sebelumnya, starting XI juga akan ganti," tandas pelatih asal Korea Selatan itu.

Video Populer

Foto Populer