Sukses


Tekad Indra Sjafri Bersama Timnas Indonesia U-20: Ciptakan Generasi Sepak Bola Indonesia yang Hebat!

Bola.com, Jakarta - Indra Sjafri mendapatkan pekerjaan baru. Belum lama ini pelatih kelahiran Sumatra Barat itu didapuk untuk menukangi Timnas Indonesia U-20.

Ada target besar yang harus dicapai Indra Sjafri bersama Timnas Indonesia U-20. Satu di antaranya adalah berlaga di Piala Dunia U-20 2025 yang digelar di Chile.

Proses seleksi Timnas Indonesia U-20 pun sudah dimulai. Mereka bahkan baru saja menyelesaikan pemusatan latihan di Qatar. Sejak Kamis (4/1/2024), skuad asuhan Indra Sjafri melanjutkan pemusatan latihan di Jakarta.

Indra Sjafri pun menjelaskan mengapa ia mau menerima pekerjaan itu. Sebab, sebelumnya ia pernah menukangi level Timnas yang lebih tinggi yakni Timnas Indonesia U-23. 

"Sesuai dengan tugas yang diberikan kepada saya, diberikan tugas baru, yaitu menjadi pelatih Timnas Indonesia U-20. Pertama, kenapa alasan saya mau menerima? Saya ingin menyiapkan generasi baru U-20," ujar Indra di Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (1/4/20234) pagi WIB.

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Terus Dibina

Indra Sjafri menyebut dirinya sudah berbicara dengan ketua umum PSSI, Erick Thohir mengenai rencananya untuk menciptakan generasi baru Timnas Indonesia U-20 itu. Ia mendapatkan dukungan penuh dari PSSI.

Namun, generasi baru itu nantinya menurut Indra Sjafri harus terus dibina. Tujuannya jelas agar mereka tetap bisa tampil apik saat sudah bermain di level senior.

"Kembali yang saya bicara dengan Pak Ketum bahwa kita perlu generasi baru yang secara terus-menerus kita bina, yaitu dengan memperbaiki," jelas Indra Sjafri.

3 dari 3 halaman

Manfaatkan Semua Talenta

Indra Sjafri pun membeberkan mengenai komposisi Timnas Indonesia U-20. Saat ini, promosi dan degradasi untuk para pemain terus dilakukan.

Indra Sjafri pun akan memanfaatkan talenta dari liga-liga lokal. Juga ada pemain diaspora yang akan diberi kesempatan menunjukkan kualitas.

"Kualitas pemain yang muncul di Timnas Indonesia itu tentu tidak terlepas berkat klub yang melakukan pembinaan dengan baik, yang kami pantau dari kompetisi-kompetisi yang ada di EPA, Soeratin, Liga 3," ujarnya.

"Pertanyaannya siapa saja yang boleh menjadi pemain tim nasional? Satu yang punya paspor Indonesia. Kalau belum punya paspor Indonesia, dan saya meminta ke PSSI dengan kualitas yang lebih baik," tandas Indra.

 

Video Populer

Foto Populer