Sukses


BRI Liga 1: Persebaya Optimistis Selamat dari Degradasi, Bicara Persiapan Musim Depan

Bola.com, Surabaya - Era baru Persebaya Surabaya telah dimulai. Kehadiran Paul Munster sebagai pelatih anyar diharapkan menjadi tonggak kebangkitan klub berjulukan Green Force tersebut di sisa laga musim ini.

Reva Adi dkk. memang belakangan tengah dalam episode minor. Tanpa kemenangan dalam sembilan laga, membuat Persebaya Surabaya terbenam di posisi ke-13 dengan 26 poin.

Secara hitungan matematis, target juara yang dibebankan sejatinya masih bisa terpenuhi. Namun, tak bijak rasanya membahas hal yang muluk-muluk selagi mereka hanya terpaut lima angka saja dari zona merah.

Direktur operasional Persebaya, Candra Wahyudi memahami betul realita yang terjadi. Untuk itu, ia tak ingin membebani sang pelatih dengan target yang kelewat mustahil.

"Kami fokus menyelesaikan 12 laga tersisa. Targetnya Persebaya selamat dari degaradasi musim ini. Walaupun sebenarnya, peluang meraih hasil yang lebih baik masih terbuka," ucapnya berharap Persebaya Surabaya masih bisa menembus posisi empat besar.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Persiapan Musim Depan

Walau masih dalam situasi sulit, optimistis selamat dari jeratan degaradasi terpancar jelas dari wajah pria asal Bojonegoro tersebut. Mereka tak ragu membahas persiapan musim depan bersama Paul Munster.

"Kami sudah berdiskusi panjang dan lama untuk target-target musim ini dan musim depan. Setidaknya dua pertandingan terdekat bisa diselesaikan dengan baik kemudian sambil perlahan menyiapkan fondasi musim depan," tegasnya.

Persebaya Surabaya bakal kembali berlaga dengan melawan PSIS Semarang pada partai tunda yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya (30/1/2024). Lima hari berselang, mereka bakal menjamu mantan tim sang pelatih, Bhayangkara FC.

3 dari 5 halaman

Malu-Malu Bahas Pemain Incaran

Menilik pernyataan Candra sebelumnya, pembicaraan soal rekrutan baru musim depan sudah dilakukan. Hanya saja, eks manajer Persebaya Surabaya ini masih malu-malu mengakui siapa saja yang sudah disebutkan namanya.

"Prosesnya tidak sesederhana itu, karena pasti semua tim punya strategi masing-masing. Yang pasti, kami dari Persebaya dan coach Munster sudah berdiskusi sangat panjang," ungkapnya.

"Nah tahapan-tahapan apa yang kami harus lakukan, akan kami lakukan. Tentu ini berkaca dari pengalaman pada musim lalu yang terlalu banyak dinamika dan sebagainya," jelas Candra.

4 dari 5 halaman

Benahi Fisik Pemain

Dengan masa persiapan yang tak lama, pelatih asal Britania Raya itu sadar harus menguatkan fondasi timnya terlebih dahulu. Pembenahan fisik pemain jadi fokus utama mengingat tim diliburkan selama dua pekan terakhir.

Tak hanya itu, Persebaya Surabaya wajib mengasah ketajaman lini serang jika ingin bangkit di sisa kompetisi. Berbeda dengan musim-musim sebelumnya yang selalu bermain atraktif, mereka kini jadi salah satu tim termandul dengan catatan hanya 23 gol dari 22 pertandingan.

“Saya memiliki waktu mempersiapkan tim. Bersama, kami akan mencari cara bagaimana pemain bekerja dan segera memberikan progres kepada tim. Untuk mencapai itu, semua di Persebaya harus kerja sama dan kerja keras,” ujar Munster.

5 dari 5 halaman

Persaingan di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer