Sukses


Fakta dan Rekor yang Bisa Dipecahkan Timnas Indonesia Jika Berhasil Mengalahkan Iran

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan menghadapi Iran pada uji coba internasional, Selasa (9/1/2024). Skuad Merah Putih berpeluang untuk memecahkan sejumlah rekor jika berhasil keluar sebagai pemenang.

Timnas Indonesia dan Iran bakal menjadikan pertandingan ini sebagai pemantapan terakhir sebelum terjun ke Piala Asia 2023 yang bakal efekif diselenggarakan pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024.

Iran asuhan Amir Ghalenoei memulai Piala Asia 2023 melawan Palestina di Grup C pada 14 Januari, satu hari sebelum Timnas Indonesia menghadapi Irak di pertandingan pembuka Grup D.

Kedua kesebelasan juga telah berada di Qatar, tuan rumah Piala Asia 2023, untuk aklimatisasi sekaligus persiapan pemungkas sebelum bertarung di kompetisi yang sebenarnya.

Ada sedikitnya tiga fakta dan rekor yang bisa tercipta jika Timnas Indonesia mampu mengalahkan Iran. Berikut ini Bola.com mengulasnya. Yuk scroll ke bawah. 

--

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Menghentikan Tren Tak Terkalahkan Iran

Iran melalui 11 pertandingan tak terkalahkan, mengklaim 10 kemenangan dan satu hasil imbang sejak kekalahan 0-1 melawan Amerika Serikat di Piala Dunia pada November 2022.

Jika Timnas Indonesia berhasil keluar sebagai pemenang, maka itu bakal jadi kekalahan pertama Iran, tim berperingkat 21 dunia, dalam dua bulan terakhir.

3 dari 4 halaman

Kemenangan Perdana Timnas Indonesia atas Iran

Dinukil dari situs RSSSF, Timnas Indonesia dan Iran sudah lima kali bertemu di berbagai kompetisi. Namun, tak sekalipun Merah Putih memetik kemenangan.

Iran memenangi empat pertandingan dan sekali imbang. Adapun kemenangan pertama Iran didapat pada Asian Games 1966 di Bangkok, Thailand (dulu masih bernama Burma), dengan skor tipis 1-0.

Empat tahun berselang, tepatnya pada Asian Games 1970, kedua kesebelasan kembali bersua. Kali ini Timnas Indonesia berhasil menahan imbang Iran dengan skor 2-2.

Timnas Indonesia dan Iran berjumpa lagi, kali ini pada Kualifikasi Piala Asia 1982. Bertanding di Jakarta, Skuad Garuda menyerah 0-1.

Dua laga berikutnya, semuanya dalam rangkaian Kualifikasi Piala Dunia 2014, Timnas Indonesia kalah di kandang dan tandang dengan skor 1-4 dan 0-3.

4 dari 4 halaman

Kemenangan Pertama Timnas Indonesia pada 2024

Timnas Indonesia belum menuai kemenangan sejak 2024. Dua laga uji coba sebelumnya, yakni melawan Libya, anak asuh Shin Tae-yong kalah 0-4 dan 1-2.

Menghadapi Iran tentunya bukan perkara mudah sekalipun berstatus uji coba. Tetapi tidak ada yang tidak mungkin, dan kemenangan bajal jadi suntikan modal berharga jelang Piala Asia 2023.

Video Populer

Foto Populer