Sukses


YouTuber Amerika Serikat Mengklaim Timnas Indonesia sebagai Tim Terburuk di Piala Asia 2023: Yang Main TikTokers!

Bola.com, Jakarta - YouTuber asal Amerika Serikat dengan nama kanal YouTube The Give N Go menilai Timnas Indonesia sebagai tim terburuk di Piala Asia 2023. Mereka juga menyindir Elkan Baggott dkk. sebagai TikTokers hanya karena berstatus tim termuda.

Timnas Indonesia akan menghadapi lawan-lawan berat pada Piala Asia 2023 di Qatar yang digelar mulai 12 Januari. Mereka adalah Vietnam, Irak, dan Jepang.

Tiga lawan Timnas Indonesia memang bakal menjadi tembok besar yang menghalangi mimpi Merah Putih melaju ke partai puncak. Jangankan ke final, untuk lolos dari fase grup saja tidak akan mudah.

Dua YouTuber pada kanal The Give N Go, Edward Reynoso dan Soltero dalam kontennya membahas persaingan di Grup D. Menurut mereka, tim terburuk di Piala Asia 2023 ada di grup tersebut, dan tim yang dimaksud adalah Timnas Indonesia.

"Kawan, saya mau tanya, apakah tim terburuk di turnamen ini ada di grup ini?" tanya Reynoso, co-host dalam video berjudul "AFC Asian Cup | Group D: Japan, Iraq, Vietnam, Indonesia | PREVIEW & PREDICTIONS!".

"Mungkin ada dua tim terburuk di Piala Asia 2023 yang sama saja buruknya, dan, ya, saya bisa bilang ya, tentu saja, tim terburuk di turnamen ini ada di grup ini," jawab Soltero.

"Saya rasa tim tersebut adalah Indonesia, haruslah Indonesia," kata Reynoso menimpali.

--

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Berdasarkan Data

Reynoso dan Soltero tidak asal bicara. Duo YouTuber yang sering membahas sepak bola dari seantero dunia ini menggunakan data sebagai acuan.

Mereka memiliki catatan seperti ranking FIFA misalnya, sehingga berasumsi bahwa Timnas Indonesia dan Hong Kong adalah kontestan terburuk pada Piala Asia 2023.

"Hong Kong berstatus tim paling buruk, kan? Mereka ada di ranking 150, dan Indonesia 146. Maksud saya, apa bedanya?"

"Kedua terburuk, ya, karena Hong Kong yang terburuk," ujar mereka sambil membaca data yang mereka pegang.

 

3 dari 5 halaman

Kaget dengan Rataan Usia Pemain Timnas Indonesia

Obrolan berlanjut ketika Reynoso membaca fakta bahwa Timnas Indonesia adalah tim dengan rata-rata pemain dengan usia termuda. Yang menarik, ia melabeli penggawa Merah Putih sebagai TikTokers hanya karena terkejut dengan fakta tersebut.

"Dilatih oleh Shin Tae-yong, mereka ini anak-anak, Bro, mereka masih bocah, skuda termuda di Piala Asia 2023 dengan rata-rata usia 24,3 tahun," kata Reynoso lagi.

"Lebih muda dari kita, Bro, mereka ini bocah TikTokers yang bermain untuk tim nasional."

 

4 dari 5 halaman

Enggak Ada Resume yang Bagus

Perjalanan Timnas Indonesia menuju Piala Asia 2023 memang tidak mulus. Sepanjang 2024 saja, tiga kekalahan diderita, yakni dari Libya (0-4, 1-2), dan Iran (0-5).

"Sulit untuk menemukan catatan apik dari Timnas Indonesia, jujur saja. Kalah dua kali beruntun dari Libya, posisi buncit pada Kualifikasi Piala Dunia zona Asia pula."

Selain itu, Reynoso mengaku telah melihat cuplikan pertandingan Timnas Indonesia dan menyimpulkan beberapa hal yang tidak enak ditonton. Ia menilai Merah Putih sering melakukan kesalahan mendasar.

"Saat saya melihat mereka bertanding, lebih sering kalah karena kesalahan bodoh, blunder di lini pertahanan," sambung Reynoso.

"Sangat sangat buruk seperti saat kau bermain gim FIFA dalam keadaan mabuk, lalu kau lupa di mana stiknya, maksud saya, seperti itulah buruknya kesalahan-kesalahan yang dilakukan pertahanan Timnas Indonesia, lini depannya juga sama saja, enggak cukup kekuatan."

"Sepertinya Timnas Indonesia bakal menjadi juru kunci di Grup D."

 

5 dari 5 halaman

Singgung Jordi Amat

Namun, baik Reynoso maupun Soltero cukup kaget ketika melihat ada nama Jordi Amat di daftar susunan pemain. Tetapi tetap saja, mereka sinis karena menilai sang bek cuma ban serep di Swansea.

"Saya sempat tidak percaya ketika melihat daftar pemain ada Jordi Amat. Fans Swansea City jelas tidak akan melupakannya. Amat aktif bermain di sana pada 2013 hingga 2017, saat Swansea lagi jaya-jayanya tuh."

"Memang dia bukan pemain inti, statusnya cuma pemain rotasi saja. Dulu mungkin top ya, tetapi sekarang berapa usianya kan, sudah 30-an pasti."

"Secara keseluruhan, saya yakin Piala Asia 2023 tidak akan berjalan sesuai harapan Indonesia. Sepertinya mereka akan finis di bawah Vietnam kali ini."

Shin Tae-yong Punya Cara Cerdik Bantai Irak

Video Populer

Foto Populer