Sukses


Pengamat Pertanyakan Pencoretan Saddil Ramdani dari Skuad Timnas Indonesia Jelang Piala Asia 2023

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia kembali melakukan perubahan skuad jelang berlaga di Piala Asia 2023. Ada perubahan pada daftar 26 pemain yang dibawa Shin Tae-yong ke ajang tersebut.

Saddil Ramdani harus rela dicoret dari skuad Timnas Indonesia. Sebagai gantinya, Shin memasukkan nama Adam Alis.

Pencoretan Saddil Ramdani menimbulkan pertanyaan dari banyak kalangan. Termasuk dari pengamat sepak bola nasional Ronny Pangemanan.

Sosok yang akrab disapa Bung Ropan itu menyebut Saddil memiliki kualitas yang baik. Bahkan jika dibandingkan Witan Sulaeman dan Egy Maulana Vikri.

"Saya sedikit mempertanyakan, kalau dia kalah bersaing dengan Witan dan Egy. Dibandingkan Egy, saya pilih Saddil," ujar Ronny Pangemanan dalam video yang diunggah di kanal YouTube miliknya.

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Penyelamat Timnas

Bung Ropan kemudian menyinggung peran vital Saddil Ramdani di Timnas Indonesia belakangan ini. Saddil bahkan mencetak gol yang menyelamatkan Tim Merah Putih dari kekalahan di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

"Kalau bicara fair menurut saya, saya lebih senang dengan Saddil. Ini pemain yang menyelamatkan Indonesia dari kekalahan di Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Filipina, mungkin teman-teman masih ingat, kita nyaris kalah," ujar Bung Ropan.

Pencoretan ini dirasakan Bung Ropan sangat mengejutkan. Sebab, belakangan ini Saddil Ramdani kerap mendapatkan menit bermain yang cukup banyak di Timnas Indonesia.

"Kalau melihat belakangan, STY juga selalu pasang Saddil, melawan Brunei, melawan Irak, selalu dia dimainkan. Melawan Libya juga dimainkan. Memang mengejutkan Saddil tersisih, saya pikir dia itu winger terbaik di Timnas saat ini," tutur Bung Ropan.

3 dari 3 halaman

Tanggung Jawab Shin Tae-yong

Namun, Bung Ropan menyebut dirinya dan pecinta sepak bola nasional yang lain tak bisa berbuat banyak. Sebab, pencoretan pemain adalah tanggung jawab pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Lebih lanjut, Bung Ropan juga meminta dukungan kepada Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 tak boleh mengendur karena insiden pencoretan ini.

"Tapi kembali saya tidak bisa bilang apa-apa karena ini tanggung jawab STY. Apapun itu kita harus tetap mendukung perjuangan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023," tandasnya.

 

Video Populer

Foto Populer