Sukses


Hasil 12 Besar Pegadaian Liga 2: Bungkam PSMS di Mandala Krida, PSIM Amankan 3 Poin dan Nyaman Puncak Grup X

Bola.com, Yogyakarta - PSIM Yogyakarta berhasil mengamankan tiga poin dalam laga matchday kedua babak 12 Besar Pegadaian Liga 2 2023/2024 setelah mengalahkan PSMS Medan dengan skor 2-1 di Stadion Mandala Krida, Jumat (12/1/2024) sore WIB.

PSIM Yogyakarta dan PSMS Medan memperlihatkan permainan yang terbuka sejak menit awal pertandingan. Namun, PSIM lebih berani untuk mengambil inisiatif serangan di depan para pendukungnya yang memadati tribune stadion.

Achmad Faris mencetak gol untuk PSIM pada menit ke-20. Memaksimalkan umpan tendangan bebas yang dilepaskan Samuel Christianson dari sisi kanan, bek PSIM itu menanduk bola yang gagal dihalau oleh kiper PSMS, Abdul Rohim.

Ketika PSMS berusaha untuk menekan dan mencari gol penyeimbang kedudukan, justru PSIM berhasil menggandakan keunggulan menjadi 2-0 pada menit ke-27 lewat gol yang dicetak oleh Alfriyanto Nico Saputro.

Mendapatkan umpan dari Ghulam Fatkur Rahman yang melakukan penetrasi ke dalam kotak penalti, Nico menanduk bola dengan diving header yang membuat kiper PSMS, Abdul Rohim, yang sudah bergerak lebih dulu mati langkah dan tak bisa menghalau masuknya bola ke dalam gawang.

Beberapa peluang coba dibuat oleh kedua tim dalam sisa waktu pada babak pertama. Namun, mengonversinya menjadi gol masih menjadi kendala bagi kedua tim. Hingga 45 menit pertama berakhir, PSIM Yogyakarta tetap unggul 2-0.

2 dari 5 halaman

PSMS Cetak Gol Balasan, tapi...

Pada awal babak kedua, baik PSIM Yogyakarta maupun PSMS Medan melakukan pergantian pemain. Untuk kubu PSIM, Alfriyanto Nico Saputro digantikan oleh Arya Putra Gerryan. Sementara di kubu PSMS, Munadi masuk untuk menggantikan Eduardus Aditya Dwi.

PSIM dan PSMS sama-sama berusaha melakukan serangan sejak awal babak kedua. Namun, dalam 15 menit pertama babak kedua tidak ada gol yang tercipta.

Pada menit ke-65, Kas Hartadi mengganti gelandangnya, Ghulam Fatkur Rahman dan memasukan Bryan Cesar Ramadhan. Sayangnya, baru saja melakukan perubahan di lini tengah, PSIM malah kebobolan.

PSMS Medan berhasil memperkecil ketinggalan setelah Yoseph Ostanika Malau berhasil menjebol gawang PSIM pada menit ke-66. Mendapatkan umpan dari Hamdi Sula, pemain yang karib disapa Nico Malau itu tak membuang kesempatan untuk menjebol gawang PSIM yang dikawal Pancar Nur Widiastono.

Berhasil mencetak gol dan hanya butuh satu angka lagi untuk bisa menyamakan kedudukan, PSMS Medan makin agresif melakukan serangan hingga membuat PSIM tak punya cara selain melakukan pelanggaran demi menghalau agresivitas tim tamu.

Kedudukan 2-1 untuk keunggulan PSIM Yogyakarta pun bertahan hingga wasit meniupkan peluit akhir pertandingan. PSIM pun berada di puncak Grup X 12 Besar Pegadaian Liga 2 2023/2024 dengan empat poin dari dua laga.

3 dari 5 halaman

Susunan Pemain

  • PSIM Yogyakarta (4-2-3-1): Pancar Nur Widiastono; Samuel Christianson, Achmad Faris, Kim Bong-jin, Dias Angga Putra; Hariono, Ghulam Fatkur Rahman; Risman Ariyanto Maring, I Nyoman Sukarja, Alfriyanto Nico Saputro; Augusto Carvalho da Silva Neto
  • Pelatih: Kas Hartadi
  • PSMS Medan (4-2-3-1): Abdul Rohim; Hamdi Sula, Joko Susilo, Kim Gisu, Kurniawan Karman; Muhammad Guntur Triaji, Eduardus Aditya Dwi Prasetya; Mohammad Ihsan Chan, Ichsan Pratama, Rachmad Hidayat; Yoseph Ostanika Malau
  • Pelatih: Miftahuddin Mukson
4 dari 5 halaman

Persaingan Menuju Kasta Tertinggi

Klub yang berlaga di babak 12 besar dan playoff degradasi harus menjalani laga kandang dan tandang. Tiga juara grup plus satu runner-up pada babak 12 besar akan lolos ke semifinal.

Empat tim tersebut akan berebut tiga tiket untuk promosi ke BRI Liga 1. Sementara dua penghuni terbawah klasemen akhir playoff degradasi akan berlaga di Liga 3 musim depan.

"Perhelatan Pegadaian Liga 2 ini diharapkan bisa menjadi ajang Mengemaskan Indonesia. Seperti kita ketahui bersama, tahun 2045 merupakan ulang tahun ke-100 Republik Indonesia. Pada usia emas ini, Pegadaian menargetkan semua keluarga Indonesia mempunyai tabungan emas. Untuk mewujudkan hal tersebut, Pegadaian terus melakukan edukasi dan literasi pentingnya menabung atau investasi emas kepada masyarakat. Terlebih lagi, Tabungan Emas Pegadaian adalah instrumen investasi yang sangat mudah untuk dimiliki oleh seluruh kalangan masyarakat. Hanya dengan Rp 10.000,- saja, masyarakat sudah bisa memiliki Tabungan Emas di Pegadaian. Untuk informasi lebih lanjut bisa cek di sini."

5 dari 5 halaman

Grup 12 Besar Pegadaian Liga 2

Grup X

  • Semen Padang
  • Persiraja Banda Aceh
  • PSMS Medan
  • PSIM Yogyakarta

Grup Y

  • FC Bekasi City
  • Persela Lamongan
  • Malut United
  • Deltras FC

Grup Z

  • PSBS Biak
  • Persewar Waropen
  • Persipal Palu
  • Gresik United

Video Populer

Foto Populer