Sukses


3 Pemain Timnas Indonesia yang Wajib Perbaiki Penampilan saat Menghadapi Vietnam pada Piala Asia 2023

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia mengawali perjalanannya di Piala Asia 2023 dengan kekalahan 1-3 dari Irak pada laga perdana Grup D. Berikutnya, Tim Garuda bakal berhadapan dengan Vietnam, Jumat (19/1/2024) malam WIB.

Pada pertandingan tersebut, pelatih Shin Tae-yong membuat kejutan dengan memainkan Justin Hubner sebagai gelandang ditemani Ivar Jenner. Sementara Marselino Ferdinan, sang pencetak gol Timnas Indonesia ke gawang Irak, ditempatkan di posisi winger kiri, bersama Yakob Sayuri mengapit Rafael Struick.

Komposisi itu membuat pertahanan Timnas Indonesia lebih rapat karena Hubner memiliki gaya bermain defensive. Sedangkan dari aspek penyerangan, Pratama Arhan lebih leluasa untuk menyisir sisi kiri karena Marselino diberikan kebebasan untuk bermanuver di depan kotak penalti lawan.

Sayang, Timnas Indonesia tetap kesulitan menembus pertahanan Irak. Sejumlah penggawa Merah Putih, tidak bisa dipungkiri, bermain di bawah ekspektasi, dan menghadapi Vietnam nanti mereka wajib memperbaiki penampilannya. Siapa saja ya? Yuk scroll ke bawah.

--

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita- berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Rafael Struick

Diplot sebagai striker sentral, Struick seringkali kesulitan, bahkan cenderung kebingungan, ketika menerima bola dari lini kedua. Ia beberapa kali gagal melewati pemain bertahan Irak dan bola dari kakinya terlalu mudah direbut.

Di sisi lain, Struick juga sebenarnya kurang mendapatkan asupan bola daerah sehingga minim peluang ketika menghadapi Irak. Menghadapi Vietnam, ia harus lebih aktif mencari ruang agar rekannya bisa memberikan umpan terukur kepadanya, atau menjadi dummy agar pemain lain bisa memperoleh peluang.

3 dari 4 halaman

Jordi Amat

Sebagai pemain senior di skuad Timnas Indonesia, Jordi Amat diharapkan mampu menularkan pengalaman bertanding di level teratas kepada rekan setimnya. Namun sayang, ia kerap melakukan kesalahan yang berujung fatal.

Menjalin trio dengan Rizky Ridho dan Elkan Baggott, Jordi harus bisa mengurangi kesalahan elementer yang menguntungkan Vietnam.

4 dari 4 halaman

Asnawi Mangkualam

Berperan sebagai winger kanan, performa Asnawi tak segarang ketika Timnas Indonesia bersua Argentina. Ia terlihat sangat hati-hati ketika menguasai bola, dan keberadaan Yakob, di sisi lain, membuatnya tak leluasa menyisir sisi kanan.

Jika nanti dipasang melawan Vietnam, Asnawi harus bisa lebih berkomunikasi dengan Yakob atau siapapun yang menjadi 'partner' di sisi kanan agar tidak canggung saat maju membantu penyerangan Timnas Indonesia.

Video Populer

Foto Populer