Sukses


3 Pertarungan Paling Dramatis Timnas Indonesia Vs Vietnam: Seru dan Sengit!

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia untuk kesekian kali berhadapan dengan Vietnam. Namun, kali ini di level yang berbeda, yaitu di Piala Asia 2023. Pertemuan dua tim asal Asia Tenggara ini sangat dinantikan, mengingat persaingan keduanya di level kawasan juga kerap berlangsung seru dan sengit.

Timnas Indonesia dan Vietnam berhadapan dalam laga matchday kedua Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Jumat (19/1/2024) malam WIB. Pertarungan kedua tim asal Asia Tenggara ini dipastikan sangat menarik.

Kebutuhan kedua tim untuk meraih tiga poin pertama mereka di Piala Asia 2023 bakal menjadi motivasi utama untuk saling mengalahkan. Maklum, Timnas Indonesia dan Vietnam sama-sama mengalami kekalahan pada laga pertamanya.

Vietnam kalah 2-4 dari Jepang pada 14 Januari 2024, sementara Timnas Indonesia kalah 1-3 dari Irak sehari kemudian. Dengan situasi tanpa poin, kemenangan pada laga kedua bisa mengembalikan asa untuk bisa lolos ke 16 Besar Piala Asia 2023.

Mengingat potensi seru dan sengitnya pertemuan kedua tim di Grup D Piala Asia 2023 ini, Bola.com mengulas kembali tiga pertemuan antara Timnas Indonesia dan Vietnam di semua level usia yang berlangsung sangat dramatis.

2 dari 4 halaman

Semifinal Piala AFF 2016

Duel dramatis pertama antara Timnas Indonesia dan Vietnam terjadi di semifinal Piala AFF 2016. Tepatnya pada leg kedua yang digelar di Hanoi.

Berawal dari kemenangan 2-1 yang diraih oleh Timnas Indonesia di Stadion Pakansari, Bogor, pada leg pertama. Hansamu Yama mencetak gol pembuka saat laga baru berjalan tujuh menit.

Kemudian Nguyen Van Quyet menyamakan kedudukan pada menit ke-17 lewat titik putih, tetapi Boaz Solossa membawa Tim Garuda kembali unggul, juga lewat titik putih.

Kemenangan itu membuat Tim Garuda hanya perlu hasil imbang di Hanoi untuk bisa melangkah ke final Piala AFF 2016. Menariknya, Timnas Indonesia justru berhasil unggul lebih dulu lewat gol Stefano Lilipaly pada menit ke-54 dan membuat agregat menjadi 3-1 untuk keunggulan Timnas Indonesia.

Sayangnya, Vietnam mampu mencetak dua gol pada menit-menit krusial. Vu Van Thanh mencetak gol pada menit ke-83, sementara Vu Minh Tuan membuat laga leg kedua itu menjadi 2-1 pada masa injury time dan membuat agregat menjadi imbang 3-3.

Pertandingan pun harus berlanjut dengan extra time, mana momen itu jelas tidak menguntungkan bagi Timnas Indonesia karena bermain di depan pendukung lawan dan sudah kebobolan dua gol dalam waktu normal. Namun, dewi fortuna memihak kepada Timnas Indonesia.

Tim asuhan Alfred Riedl itu mendapatkan penalti pada menit ke-97. Manahati Lestusen yang maju sebagai eksekutor mampu melakukan tugasnya dengan baik dan membawa Timnas Indonesia melangkah ke final Piala AFF 2016 dengan agregat 3-2.

3 dari 4 halaman

Semifinal SEA Games 2023

 

Pertandingan ini merupakan salah satu yang menarik dalam perjalanan Timnas Indonesia U-22 untuk mengakhiri puasa medali emas SEA Games. Tim asuhan Indra Sjafri itu berhadapan dengan Vietnam di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja.

Timnas Indonesia berhasil membuka keunggulan lebih dulu lewat gol yang dicetak Komang Teguh Trisnanda pada menit kesembilan. Namun, Nguyen Van Tung membuat gol pada menit ke-36 dan memaksa babak pertama berakhir imbang 1-1.

Pada babak kedua, Timnas Indonesia bangkit lagi dan mencetak gol lewat Muhammad Ferarri pada menit ke-53. Namun, sayangnya gawang Tim Garuda Muda kembali bobol pada menit ke-79 karena gol bunuh diri Bagas Kaffa.

Kedudukan imbang 2-2 membuat sisa pertandingan berjalan sangat intens. Dan dalam menit krusial, tepatnya pada menit keenam masa injury time, Timnas Indonesia berhasil mencetak gol kemenangan lewat Taufany Muslihuddin.

Kemenangan 3-2 membawa Timnas Indonesia U-22 melangkah ke final sepak bola SEA Games 2023 dan berhasil mengalahkan Thailand di babak puncak untuk bisa menyabet medali emas yang sudah lama didambakan.

4 dari 4 halaman

Kualifikasi Piala Asia U-20 2023

Pertandingan yang satu ini juga tidak kalah dramatis. Timnas Indonesia dan Vietnam sama-sama sudah meraih dua kemenangan, masing-masing atas Timor Leste dan Hong Kong.

Keduanya kemudian bertemu di pertandingan terakhir untuk memperebutkan tiket lolos otomatis karena hanya juara grup yang berhak lolos langsung. Bermain di Stadion Gelora Bunt Tomo, Surabaya, duel ini berlangsung seru.

Timnas Indonesia U-20 terlebih dulu membuka keunggulan lewat gol yang dicetak Marselino Ferdinan pada menit ke-60. Namun, gol bunuh diri Muhammad Ferarri pada menit ke-66 membuat Vietnam kembali memiliki asa.

Bahkan Vietnam berhasil berbalik unggul pada menit ke-79. Dinh Xuan Tien menjebol gawang Timnas Indonesia U-20. Namun, Ferarri membayar kesalahannya dengan mencetak gol pada menit ke-82 untuk membuat kedudukan kembali imbang 2-2.

Tiga menit berselang, Timnas Indonesia berhasil memastikan kemenangan lewat gol yang dicetak Rabbani Taslim. Tim Garuda Muda pun meraih kemenangan 3-2 dan lolos secara otomatis ke Piala Asia U-20 2023 dengan status juara Grup F.

 

Video Populer

Foto Populer