Sukses


Fakta- Fakta Menarik yang Mengiringi Perjumpaan Timnas Indonesia Vs Jepang di Piala Asia 2023

Bola.com, Jakarta - Duel antara Timnas Indonesia menghadapi Jepang pada pertandingan pemungkas Grup D Piala Asia 2023 diiringi sejumlah catatan menarik dari rekor perjumpaan kedua kubu.

Menjelang laga yang akan berlangsung di Stadion Al Thumama, Doha, Rabu (24/1/2024) pukul 18.30 WIB itu, Timnas Indonesia dan Jepang sebetulnya sudah pernah berjumpa dalam berbagai kesempatan.

Menurut catatan yang disajikan laman 11v11, keduanya sudah berjumpa sebanyak 15 kali. Laga kali ini memiliki keunikannya tersendiri. Apalagi, ini menjadi peluang berharga bagi skuad Garuda untuk menorehkan tinta emas di Piala Asia.

Apabila berhasil merebut poin dari Samurai Biru, anak asuh Shin Tae-yong berpeluang melaju ke babak 16 besar Piala Asia 2023 untuk pertama kalinya. Berikut Bola.com menyajikan catatan menarik dari pertemuan kedua tim.

--

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Jepang Unggul Rekor Pertemuan

Dari total 15 pertemuan sebelumnya yang sudah tersaji, Timnas Indonesia memang cenderung inferior saat menghadapi Jepang. Sebab, tim Merah Putih hanya berhasil menang sebanyak lima kali saja.

Sementara itu, Timnas Jepang mengantongi delapan kemenangan dan dua pertandingan lainnya berujung tanpa pemenang alias imbang. Pada pertemuan terakhir, Jepang sukses menggasak Indonesia dengan skor 5-0 pada 11 Juni 1989.

 

3 dari 6 halaman

Duel Pertama di Piala Asia

Duel kali ini juga memiliki catatan menarik karena bakal menjadi pertemuan perdana bagi kedua kubu di panggung Piala Asia. Sebelumnya, Indonesia dan Jepang belum pernah bersua di kejuaraan ini.

Dari seluruh perjumpaan sebelumnya, sebagian besar laga yang mempertemukan kedua tim tersaji pada kejuaraan Piala Merdeka. Di ajang ini, keduanya sudah berjumpa sebanyak tujuh kali.

 

4 dari 6 halaman

Kemenangan Telak Indonesia

Meski terhitung minim kemenangan, tetapi Timnas Indonesia punya catatan kemenangan yang menakjubkan saat bersua Jepang. Momen ini tepatnya tersaji pada Turnamen Merdeka edisi 1968 di Malaysia.

Ketika itu, skuad Merah Putih sukses menang telak dengan skor 7-0 atas Jepang. Kemenangan terakhir diraih dalam laga persahabatan dengan skor 2-0 pada 24 Februari 1974. Artinya, terakhir kali Indonesia unggul atas Jepang terjadi pada 43 tahun silam.

 

5 dari 6 halaman

Hadapi Raja Asia

Timnas Jepang menjadi salah satu lawan yang sudah dinanti-natikan pendukung Timnas Indonesia di Piala Asia 2023. Selain menentukan nasib skuad Garuda, laga ini juga menjadi momentum yang istimewa.

Pasalnya, anak asuh Hajime Moriyasu menjadi salah satu raja di kawasan Asia. Mereka mengoleksi gelar juara Piala Asia terbanyak karena sudah empat kali meraihnya pada edisi 1992, 2000, 2004, dan 2011.

 

6 dari 6 halaman

Potensi Sejarah Baru

Pertandingan kali ini tentu bakal memunculkan harapan sekaligus kecemasan di kalangan suporter Timnas Indonesia. Sebab, ada kesempatan bagi skuad Garuda Muda untuk mengukir sejarah baru di Piala Asia.

Peluang Asnawi Mangkualam dkk untuk lolos ke babak 16 besar memang masih terbuka, minimal lewat jalur peringkat ketiga terbaik. Jika mampu mewujudkannya, Indonesia akan mengukir sejarah baru.

Sebab, pada empat partisipasi sebelumnya di Piala Asia edisi 1996, 2000, 2004, dan 2007, Timnas Indonesia paling mentok tampil di fase penyisihan grup.

Video Populer

Foto Populer