Sukses


Shin Tae-yong: Permainan Timnas Indonesia Tak Menunjukkan Ranking FIFA

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia harus menunggu hingga Grup E dan F rampung untuk mengetahui apakah mereka bakal lolos ke 16 besar Piala Asia 2023 atau tidak. Menurut Shin Tae-yong, penampilan anak asuhnya tidak menunjukkan posisi di ranking FIFA.

Timnas Indonesia jadi 'tim terlemah' kedua setelah Hong Kong jika mengacu pada ranking FIFA. Akan tetapi, Merah Putih menampilkan permainan yang cukup baik sepanjang fase grup.

Dua kekalahan menghadapi Irak dan Jepang agaknya bukan sesuatu yang bisa dihindari Timnas Indonesia. Namun kemenangan melawan Vietnam menunjukkan kelas Marselino Ferdinan dkk.

Vietnam berada di 100 besar ranking FIFA, dan sukses Timnas Indonesia mengalahkan mereka tentu saja sebuah raihan besar mengingat kali terakhir Tim Garuda mencetak gol ke gawang The Golden Star Warriors adalah pada 2016.

--

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Bangga

Selepas pertandingan melawan Jepang pada matchday 3 Grup D Piala Asia 2023, Rabu (24/1/2024), Shin Tae-yong mengungkapkan rasa bangganya bisa melatih Timnas Indonesia.

"Secara individu sebagai pelatih, turnamen besar seperti ini selalu memberikan saya perkembangan dan kesan tersendiri," kata Shin Tae-yong.

"Saya melatih salah satu tim terlemah di Piala Asia 2023, jadi ini juga menjadi pengalaman tersendiri bagi saya."

 

3 dari 4 halaman

Tak Terlihat Seperti Tim Berperingkat 146

Lebih lanjut, Shin tae-yong mengatakan bahwa Timnas Indonesia bermain apik dan tidak menunjukkan ranking FIFA.

"Indonesia sekarang ranking 146, tapi jika melihat realitas permainan, sebenarnya itu tidak sesuai dengan ranking FIFA kami sekarang."

"Dan saya ingin menyampaikan bahwa tim saya adalah tim yang termuda dengan mendapatkan pengalaman bermain melawan tim terbaik di Asia akan membantu kami terus berkembang."

 

4 dari 4 halaman

Enjoy

Timnas Indonesia masih bisa lolos ke 16 besar Piala Asia 2023 jika Yordania menang atas Bahrain dengan selisih 3 gol. Selain itu, laga Oman versus Kirgistan harus berakhir imbang, atau Kirgistan menang 1-0 saja.

"Saya ingin membiarkan pemain nonton pertandingan senyaman mereka. Saya tidak akan maksa mereka nonton pertandingan secara bersama-sama, saya pikir ini lebih baik untuk pemain mendapatkan suasana santai dan tanpa stres, saya membiarkan mereka nonton sendiri-sendiri. "

Video Populer

Foto Populer