Sukses


Gol Tunggal Eks Striker Persija Selamatkan Bahrain Sekaligus Memperkecil Peluang Timnas Indonesia Lolos ke 16 Besar Piala Asia 2023

Bola.com, Doha - Timnas Bahrain harus berterima kasih kepada Abdulla Yusuf Helal. Gol tunggal mantan striker Persija itu meloloskan Bahrain ke 16 Besar Piala Asia 2023 setelah menundukkan Yordania pada laga terakhir Grup E di Stadion Internasional Khalifa Qatar, Kamis (25/1/2024).

Abdulla Yusuf Helal mencetak gol cantik menit ke-34. Dia lolos dari jebakan offside dan berhasil mengecoh kiper Yordania, Yaseed Abu Laila.

Kemenangan itu juga menempatkan Bahrain sebagai juara grup E Piala Asia 2023 dengan total enam poin. Sementara pada waktu bersamaan Timnas Korsel ditahan imbang Malaysia dengan skor 3-3 dan Negeri Ginseng itu lolos dengan status runner-up berkat lima poin.

Start Bahrain di Piala Asia 2023 kali ini kurang meyakinkan. Pada pertandingan pertama, mereka dikalahkan Korsel dengan skor 1-3. Namun, dalam dua laga berikutnya sukses membekuk Malaysia dan Yordania dengan skor identik 1-0.

2 dari 3 halaman

Persaingan Peringkat Ketiga Terbaik Berubah, Timnas Indonesia di Ujung Tanduk

Poin absolut Bahrain dari gol semata wayang Abdulla Yusuf Helal ini pun mengubah peta tim penghuni peringkat ketiga terbaik Grup E Piala Asia 2023.

Saat ini posisi ketiga tiap grup dihuni Suriah (Grup B), Palestina (Grup C), dan Yordania (Grup E) dengan masing-masing mengoleksi poin empat.

Bagaimana peluang Indonesia ke 16 Besar? Pasukan Shin Tae-yong hanya tinggal berharap dari partai terakhir Oman kontra Kirgistan. Jika partai ini berakhir imbang, maka Indonesia bisa lolos meski dengan nilai 3 poin.

3 dari 3 halaman

Kiprah Yusuf Helal di Persija

Abdulla Yusuf Helal hanya setahun membela Persija di BRI Liga 1 2022/2023. Padahal, kontraknya berdurasi tiga tahun. Namun, pada akhir musim itu, kedua belah pihak sepakat untuk menyudahi kerja sama lebih cepat.

Yusuf Helal cuma bisa tampil dalam 17 pertandingan dengan statistik sembilan gol dan satu assist. Yusuf Helal tidak bisa memberikan kontribusi yang maksimal karena terkendala cedera, panggilan dari Timnas Bahrain, dan mengalami sakit batu ginjal yang memerlukan operasi.

Yusuf Helal bahkan harus absen dalam sepuluh partai terakhir Persija pada musim tersebut, karena harus pulang ke negaranya demi menyembuhkan penyakitnya itu.

Setelah meninggalkan Persija, Yusuf Helal menemukan pelabuhan dalam kariernya. Dia melanjutkan karirnya bersama klub Republik Ceko, Mlada Boleslav musim 2023/2024. Dia mencetak empat gol dan dua assist dari 18 kali penampilannya. 

Video Populer

Foto Populer