Sukses


Kiprah Negara ASEAN di Piala Asia 2023: Timnas Indonesia dan Thailand Cetak Sejarah, Malaysia Bangun Sudah Mau Selesai, Vietnam Zonk

Bola.com, Jakarta - Tercatat empat negara ASEAN mengikuti ajang Piala Asia 2023 Qatar. Keempat negara yang dimaksud adalah Timnas Indonesia, Thailand, Malaysia, dan Vietnam.

Dari empat negara tersebut, Timnas Indonesia dan Thailand memastikan diri lolos ke babak 16 besar.

Sementara Malaysia dan Vietnam meski gagal di fase grup, performa kedua tim ini tidak memalukan sepanjang Piala Asia 2023.

Vietnam jadi tim dengan prestasi terburuk. Dari tiga pertandingan, tim ini selalu menelan kekalahan.

Namun yang patut jadi perhatian, anak asuh Philippe Troussier selalu bisa memberikan perlawanan di semua laga.

Bahkan hanya di laga melawan Timnas Indonesia, mereka gagal mencetak gol, kalah 0-1. Sementara sisanya mereka selalu cetak gol, kalah dari Jepang 2-4 lalu kandas dari Irak 2-3.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Malaysia Tahan Imbang Korsel

Seperti Vietnam, Malaysia juga hanya menempati posisi buncit di grup. Namun Harimau Malaya jadi pusat perhatian ketika bisa menahan imbang negara spesialis Piala Dunia, Korea Selatan dengan skor 3-3. 

Pada laga ini, Malaysia secara dramatis menyamakan kedudukan di menit ke-90+15 melalui Romel Morales.

Sayangnya pada dua laga sebelumnya, Malaysia selalu menelan kekalahan: Yordania 0-4 dan Bahrain 0-1.

3 dari 5 halaman

Thailand dan Timnas Indonesia Lolos

Di antara negara ASEAN, Thailand paling jos. Mereka lolos ke babak 16 besar dengan status sebagai runner-up Grup F. 

Pada tiga pertandingan, Thailand bisa mengalahkan Kirgistan 2-0 plus menahan imbang 0-0 dua negara kuat Arab Saudi dan Oman. Untuk pertama kali dalam sejarah keikutsertaan sejak 1964, Thailand tak terkalahkan di fase grup.

Sementara Timnas Indonesia mencetak sejarah dengan melenggang ke babak 16 besar Piala Asia. Kemenangan atas Vietnam 1-0 cukup membuat anak asuh Shin Tae-yong menjadi salah satu tim posisi tiga terbaik. 

Di babak 16 besar, baik Thailand maupun Indonesia dapat lawan berat. Indonesia bertemu Australia, sementara Thailand bersua Uzbekistan.

Harapannya tentu dua wakil ASEAN ini bisa melangkah lebih jauh di ajang Piala Asia 2023 dan membuat lebih banyak kejutan.  

4 dari 5 halaman

Jadwal 16 Besar

Minggu, 28 Januari 2023

  • 18.30 WIB: Australia Vs Indonesia
  • 23.00 WIB: Tajikistan Vs Uni Emirat Arab

Senin, 29 Januari

  • 18.30 WIB: Irak Vs Yordania
  • 23.00 WIB: Qatar Vs Palestina

Selasa, 30 Januari

  • 18.30 WIB: Uzbekistan Vs Thailand
  • 23.00 WIB: Arab Saudi Vs Korea Selatan

Rabu, 31 Januari

  • 18.30 WIB: Bahrain Vs Japan
  • 23.00 WIB: Iran Vs Suriah
5 dari 5 halaman

Indonesia Tantang Australia

Sebagai juara Grup B, Australia memang menunggu apakah bakal melawan Palestina atau Timnas Indonesia, tergantung hasil akhir dari pertandingan Grup E dan F pada Kamis (25/1/2024). Ternyata, Australia dipastikan berjumpa Timnas Indonesia. 

Menghadapi Australia jelas bukan hal yang mudah. Socceroos menjadi juara Grup B setelah menang 2-0 atas India dan 1-0 atas Suriah.

Dalam laga terakhirnya di Grup B Piala Asia 2023, Australia bermain imbang 1-1 dengan Uzbekistan.

 

 

 

Video Populer

Foto Populer