Sukses


Jelang Timnas Indonesia Tantang Australia di 16 Besar Piala Asia 2023, Pengamat: Yuk Lebih Berani Main Nyerang!

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia berjumpa Australia pada babak 16 besar Piala Asia 2023 di Stadion Jassim bin Hamad, Al Rayyan, Minggu (28/1/2024) petang WIB. Ini merupakan laga bersejarah bagi tim Merah-putih.

Untuk pertama kalinya Timnas Indonesia berhasil melaju ke babak 16 besar sepanjang sejarah keikutsertaannya di Piala Asia. Empat edisi sebelumnya, skuad Garuda selalu kandas di babak penyisihan grup.

Timnas Indonesia melaju ke babak 16 besar dari jalur peringkat ketiga terbaik di turnamen ini. Sementara Australia merupakan juara grup B dan jelas bukanlah lawan mudah.

Pengamat sepak bola nasional, Aris Budi Sulisyto mengatakan bahwa lolosnya Timnas Indonesia ke babak 16 besar Piala Asia 2023 sebagai berkah. Sebab harus ditentukan melalui hasil imbang Kirgistan melawan Oman.

===

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Perjuangan Ekstra

Mantan pelatih Persik Kediri itu menilai butuh usaha keras untuk menyingkirkan tim sekelas Australia yang juga merupakan langganan Piala Dunia layaknya Jepang. Ia menyoroti beberapa kekurangan yang bisa kembali diantisipasi lagi dalam laga besok.

Timnas Indonesia lolos ke 16 besar boleh mendapat apresiasi meski pada dasarnya karena ada bantuan juga dari Kirgistan yang menahan Oman,” terangnya kepada Bola.com, Jumat (26/1/2024).

“Kemarin melawan Jepang yang langganan Piala Dunia, dan besok tidak ada bedanya juga bertemu Australia. Harus lebih cermat untuk penguasaan bola dan koordinasi lini belakang,” lanjut pria asal Kota Solo tersebut.

“Kalau terus ditekan ya lama-lama jebol juga. Saya sepakat dengan pernyataan STY soal passing yang lebih ditingkatkan lagi. Saya melihat ada beberapa pemain yang masih canggung, semoga tidak terjadi lagi besok.”

3 dari 5 halaman

Berharap Sananta Pulih

Mantan pemain Persik Kediri itu juga kembali berharap agar kali ini Ramadhan Sananta benar-benar fit dan bisa diturunkan untuk mendobrak pertahanan The Socceroos. Sebelumnya striker Persis Solo absen di tiga laga karena faktor kebugaran.

Bahkan Shin Tae-yong memainkan seorang bek jangkung Elkan Baggott menjadi striker. Cara ini bisa saja kembali dilakukan mengingat Australia banyak dihuni pemain-pemain berpostur tinggi.

“Elkan Baggott kemarin jadi striker ada baiknya, tapi itu bukan posisi aslinya jadi lebih dijadikan sebagai tembok. Harapannya Ramadhan Sananta bugar dan bisa diturunkan,” bebernya.

4 dari 5 halaman

Lebih Berani

Australia tampil sebagai juara grup B di Piala Asia 2023. Meraih dua kemenangan dan sekali imbang, memiliki selisih gol 4 berbanding 1. Sementara Timnas Indonesia mengoleksi tiga poin dengan selisih gol memasukkan 3 dan kebobolan 6.

“Dalam situasi yang menguntungkan ini, bisa menjadi introspeksi agar minimal tidak dijadikan bulan-bulanan Australia. Jangan pedulikan komentar-komentar miring soal penampilan sejauh ini di Piala Asia 2023,” jelasnya.

5 dari 5 halaman

Jadwal Pertandingan

Babak 16 Besar Piala Asia 2023

Minggu, 28 Januari 2024

  • Australia Vs Timnas Indonesia
  • Stadion Jassim bin Hamad, Al Rayyan
  • Kick-off: 18.30 WIB
  • Live: RCTI
  • Live Streaming: Vision +
  • Link Live Streaming: visionplus.id/football

Video Populer

Foto Populer