Sukses


LIB dan Pegadaian Gelar Behind Football Liga 2, Napak Tilas Sejarah Sepak Bola Indonesia di Yogyakarta

Bola.com, Jakarta - PT Pegadaian bersama Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi kembali menggelar kegiatan bertajuk Behind Football Liga 2. Setelah sukses berlangsung di Padang, Gresik, dan Medan, kini acara diadakan di Yogyakarta.

Behind Football Liga 2 merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Pegadaian Liga 2 dengan agenda tanggung jawab sosial dan lingkungan. Di antaranya Aksi Bersih Indah, Penanaman Pohon, serta penyaluran santunan ke panti sosial.

Terpilihnya Kota Gudeg sebagai salah satu kota penyelenggara bukan tanpa sebab. Chief of Marketing PT LIB, Budiman Dalimunthe mengatakan, Yogyakarta memiliki fanatisme yang besar terhadap sepak bola.

"Bukan itu saja, di kota inilah tonggak sejarah sepak bola nasional mulai terbentuk," ujar Budiman Dalimunthe.

Seperti diketahui, di Yogyakarta memang terdapat monumen PSSI. Gedung yang terletak tak jauh dari Stadion Mandala Krida itu diyakini menjadi lokasi pertemuan pertama bond-bond atau klub-klub sepak bola di Tanah Air. Hingga kemudian muncul gagasan dari Soeraton Sosrosoegondo untuk mendirikan induk organisasi sepak bola pada 19 April 1930.

===

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Penanaman Pohon

Sebagai salah satu kegiatan Behind Football Liga 2, penanaman pohon dilakukan di sekitar gedung monumen PSSI pada Jumat (26/1/2024). Kegiatan ini merupakan simbol dari komitmen PT Pegadaian untuk berkontribusi pada keberlanjutan lingkungan dan perjuangan melawan perubahan iklim yang semakin ekstrim.

Penanaman pohon turut melibatkan stake holder sepak bola Yogyakarta seperti manajemen klub PSIM Yogyakarta, serta dua kelompok suporter yaitu Brajamusti dan The Maident.

"Penanaman pohon ini merupakan kegiatan sosial di luar aspek teknis seperti kompetisi. Harapan kami, dengan keterlibatan semua pihak membuat olahraga semakin bagus," ucap Deputi Bisnis Area Yogyakarta PT Pegadaian, Yohanes Wulang.

"Selain itu lingkungan terjaga, dan kekompakan antara suporter semakin terbangun," sambungnya.

3 dari 3 halaman

Festival Sepak Bola Usia Dini

Tidak hanya ikut membantu menanam pohon, kedua kelompok suporter juga mendapat pemahaman dari pihak Pegadaian mengenai cara mengelola sampah menjadi tabungan emas.

Aktivasi Behind Football Pegadaian Liga 2 2023/2024 pada hari pertama, berlanjut dengan diskusi antara media dengan PT LIB dan Pegadaian pada malam harinya. Dalam dialog, muncul gagasan untuk dibuatnya festival sepak bola usia dini sebagai wadah pembinaan bagi pesepakbola di masa depan.

PT LIB, Pegadaian dan media di Yogyakarta sepakat bahwa pendidikan karakter sangat penting diberikan sejak dini. Sebab, hal itu bisa menjadi bekal berharga di kemudian hari.

Video Populer

Foto Populer