Sukses


4 Pemain Timnas Indonesia yang Tak Tergantikan di Fase Grup Piala Asia 2023: Amunisi Lokal Jadi Andalan Shin Tae-yong!

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memiliki sejumlah pemain yang paling diandalkan saat menghadapi tiga pertandingan pada fase penyisihan grup Piala Asia 2023.

Para pemain Timnas Indonesia andalan Shin Tae-yong ini selalu bermain sebagai starter dan tak pernah tergantikan. Artinya, mereka sukses mengukir menit bermain selama 2x45 menit sepanjang fase penyisihan Piala Asia 2023.

Dengan kata lain, para pemain ini menjadi sosok pemain yang punya peran penting yang meloloskan skuad Merah Putih ke fase 16 besar. Uniknya, nama-namanya justru didominasi para pemain lokal.

Selain itu, hanya ada satu penggawa naturalisasi yang selalu bermain penuh pada tiga laga yang dijalani skuad Garuda di Grup D. Siapa saja mereka? Berikut Bola.com menyajikan nama-namanya.

===

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Ernando Ari Sutaryadi

Sektor mistar gawang Timnas Indonesia tak pernah lepas dari milik Ernando Ari Sutaryadi. Kiper Persebaya Surabaya ini selalu menjadi pilihan utama Shin Tae-yong sepanjang fase penyisihan Grup Piala Asia 2023.

Ernando tercatat sekali mengukir cleansheet, tepatnya saat Indonesia menang tipis atas Vietnam dengan skor 1-0. Adapun pada dua laga lainnya melawan Irak dan Jepang, gawangnya kemasukan masing-masing tiga gol.

Keputusan Shin Tae-yong untuk selalu menurunkan Ernando di fase grup memang menjadi kenyataan pahit bagi penjaga gawang lainnya, yakni Muhammad Riyandi dan Nadeo Argawinata yang belum dapat kesempatan bermain.

3 dari 5 halaman

Marselino Ferdinan

Sebagai pemain paling muda di skuad Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan tetaplah punya posisi penting. Pasalnya, pemain asal klub kasta kedua Liga Belgia, KMSK Deinze, itu justru selalu jadi pilihan utama.

Pemain berusia 19 tahun itu selalu bermain sebagai starter pada tiga laga awal. Bekas pemain Persebaya Surabaya ini juga tak pernah tergantikan, sehingga perannya terus berlangsung sepanjang pertandingan.

Salah satu kontribusi terbaik dari Marselino Ferdinan ialah golnya ke gawang Irak yang memaksimalkan umpan silang Yakob Sayuri pada laga pertama Piala Asia 2023.

4 dari 5 halaman

Pratama Arhan

Piala Asia 2023 tampaknya menjadi titik balik bagi Pratama Arhan. Penampilannya selama fase penyisihan grup terhitung solid. Arhan juga termasuk sebagai salah satu pemain Timnas Indonesia yang konsisten.

Buktinya, Shin Tae-yong selalu memberikan kepercayaan penuh kepada pemain yang baru saja bergabung dengan klub Liga Korea Selatan, Suwon FC ini. Pemain berusia 22 tahun itu tak pernah tergusur dari pos bek kiri.

Akibatnya, Shayne Pattynama dan Edo Febriansyah harus puas menjadi penghangat bangku cadangan Timnas Indonesia selama fase penyisihan.

5 dari 5 halaman

Justin Hubner

Satu-satunya pemain keturunan yang mendapatkan kepercayaan penuh dari Shin Tae-yong ialah Justin Hubner. Padahal, pemain kelahiran Belanda ini menjadi wajah paling baru di skuad Timnas Indonesia.

Statusnya sebagai pendatang baru memang tak lantas membuat Hubner membutuhkan waktu yang lama untuk beradaptasi. Dia langsung menjadi andalan Shin Tae-yong dan tak pernah tergantikan sepanjang fase grup.

Uniknya, pemain Wolverhampton Wanderers ini cukup sering mendapat reposisi di babak penyisihan. Justin tak hanya bermain sebagai bek tengah saja sesuai posisi naturalnya, tetapi juga diplot sebagai gelandang bertahan.

Video Populer

Foto Populer