Sukses


Shin Tae-yong Keberatan jika Australia Ikut Piala AFF: Levelnya Sudah Asia, Kenapa Masih Ikut yang Berkembang?

Bola.com, Doha - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, keberatan jika Timnas Australia mengikuti Piala AFF meski telah bergabung dengan Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) sejak 27 Agustus 2013.

Australia lebih dulu menjadi anggota Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) pada 1 Januari 2006 setelah memilih keluar dari Konfederasi Sepak Bola Oceania (OFC).

Perpindahan konfederasi Australia bertujuan untuk mencari peluang lolos yang lebih besar ke Piala Dunia dan klub-klubnya bisa bermain di turnamen antarklub Asia yang kompetitif.

Shin Tae-yong, yang berbicara dalam konferensi pers sebelum Timnas Indonesia melawan Timnas Australia di babak 16 besar Piala Asia 2023, mengungkapkan bahwa level Australia berbeda dengan negara AFF.

2 dari 3 halaman

Ungkapan Shin Tae-yong

"Saya rasa bukan ide yang bagus jika Australia bermain di Piala AFF," ujar Shin Tae-yong di Doha, Qatar, pada Sabtu (27/1/2024).

"Australia jauh lebih baik daripada sepak bola di AFF. Mereka sudah beberapa langkah di depan. Jadi sama seperti Timnas Korea Selatan, Timnas Jepang, Timnas Iran, Timnas Irak, Timnas Arab Saudi, dan beberapa negara kuat di Asia lainnya."

"Jadi, Australia bersaing di Asia untuk mengembangkan sepak bola Asia. By the way, tim-tim di AFF, seperti kami, sedang berkembang dan terus melakukan pengembangan," jelasnya.

3 dari 3 halaman

Sering Berpartisipasi di Piala AFF U-16 dan Piala AFF U-19

Sebenarnya, Australia bukan sama sekali tidak terlibat di AFF. Tim usia muda Socceroos beberapa kali berpartisipasi di Piala AFF U-16 dan Piala AFF U-19.

Socceroos bahkan lima kali menjuarai Piala AFF U-19 pada 2006, 2008, 2010, 2016, dan 2019, terbanyak sepanjang sejarah turnamen bersama Timnas Thailand U-19.

Australia U-16 juga dua kali keluar sebagai pemenang Piala AFF U-16 pada 2008 dan 2016. Namun dalam dua edisi terakhir, Socceroos selalu tersingkir di babak penyisihan.

Video Populer

Foto Populer