Sukses


Fakta Menarik Kekuatan Thailand untuk Buka Kans Lolos ke Perempat Final Piala Asia 2023: Senasib dengan Timnas Indonesia?

Bola.com, Jakarta - Timnas Thailand akan menghadapi laga yang tak mudah di babak 16 besar Piala Asia 2023. Mereka dijadwalkan berjumpa dengan Uzbekistan di Stadion Al Janoub, Al Wakrah, Qatar, Selasa (30/1/2024).

Pertandingan adalah pertemuan pertama di putaran final Piala Asia antara Uzbekistan dan Timnas Thailand. Sebelumnya, kedua tim pernah bertemu dalam babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023.

Momen itu terjadi pada 14 Juni 2022 dan Uzbekistan sukses menang 2-0 atas Thailand dalam pertemuan tersebut. Secara peringkat FIFA, Uzbekistan jauh lebih unggul dengan menduduki posisi ke-68. Bandingkan dengan Thailand yang baru ada di posisi ke-113.

Kendati demikian, catatan head-to-head kedua tim menunjukkan hasil yang seimbang. Dalam empat perjumpaan terakhir, baik Uzbekistan maupun Thailand sama-sama berhasil membukukan dua kemenangan.

Apa yang dihadapi oleh Thailand ini seolah mirip dengan Timnas Indonesia yang akan berjumpa dengan Australia. Namun, sejumlah fakta menunjukkan Thailand memiliki peluang yang lebih besar untuk menembus babak perempat final.

Bola.com telah merangkum tiga fakta kekuatan Timnas Thailand untuk bisa mengalahkan Uzbekistan agar bisa melaju ke babak berikutnya. Simak ulasan berikut:

===

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Menahan Imbang Arab Saudi

Thailand tampil cukup apik selama fase grup lalu. Bergabung di Grup F, Thailand membuat kejutan dengan berhasil menahan imbang Arab Saudi dengan 0-0.

Hal itu tentu membuat banyak tidak memprediksi. Maklum, Arab Saudi adalah tim kuat Asia yang berlangganan masuk Piala Dunia.

Thailand mampu menunjukkan performa yang cukup apik dalam pertandingan itu. Mereka berhasil menahan gempuran Arab Saudi yang merupakan tim peringkat ke-56 di ranking FIFA. Menghadapi Uzbekistan seharusnya bukan jadi masalah lagi.

3 dari 4 halaman

Clean Sheet di Fase Grup

Hanya ada dua tim yang berhasil tidak kebobolan alias clean sheet selama fase grup lalu. Pertama adalah tuan rumah Qatar yang semakin matang menatap ajang kompetitif. Lalu, Thailand jadi tim yang membanggakan Asia Tenggara juga tanpa kebobolan.

Dalam tiga pertandingan Grup F, tidak ada yang mampu menjebol gawang Thailand. Itu dimulai dari menang 2-0 atas Kirgistan. Berikutnya, hasil 0-0 menghiasi pertemuan dengan Oman dan Arab Saudi.

Hal ini menunjukkan bahwa sektor pertahanan Thailand tampil sangat solid menahan gempuran serangan lawan. Situasi serupa tampaknya juga akan terjadi saat melawan Uzbekistan di babak 16 besar.

4 dari 4 halaman

Kalahkan Tim Peringkat di Atas

Thailand sebenarnya merupakan tim dengan peringkat FIFA terendah di Grup F. Tapi, mereka tidak terkalahkan dalam tiga laga. Seperti disebutkan, satu di antara menahan imbang Arab Saudi yang merupakan tim peringkat ke-56.

Lalu, Oman merupakan tim peringkat ke-74 dan Thailand juga sukses menahan imbang. Thailand malah berhasil mengalahkan Kirgistan yang notabene berperingkat di atasnya, tepatnya posisi ke-98.

Hasil itu membuktikan bahwa Thailand bisa melakukan hal di luar dugaan menghadapi tim dengan peringkat lebih tinggi. Bukan tidak mungkin duel melawan Uzbekistan juga melanjutkan tren tak kalah di Piala Asia 2023.

Video Populer

Foto Populer