Sukses


5 Fakta dan Rekor yang Gagal Dipecahkan Timnas Indonesia setelah Kalah dari Australia di 16 Besar Piala Asia 2023

Bola.com, Jakarta - Tuntas sudah laju bersejarah Timnas Indonesia di Piala Asia 2023. Pada babak 16 besar, anak asuh Shin Tae-yong tak kuasa menahan efektivitas Australia yang mampu menang telak 4-0 di Stadion Jassim Bin Hamad, Doha, Minggu (28/1/2024) malam WIB.

Sukses Timnas Indonesia melaju hingga 16 besar merupakan sejarah karena skuad Garuda tak pernah lolos dari fase grup pada empat kesempatan sebelumnya. Adapun Marselino Ferdinan dkk. merebut satu tiket fase gugur berstatus peringkat tiga terbaik.

Namun menghadapi Australia, pelajaran penting didapat Timnas Indonesia. Kekalahan 0-4 menuntaskan laju bersejarah Merah Putih di Piala Asia 2023. Gol bunuh diri Elkan Baggott dan sundulan keras Martin Boyle menutup babak pertama.

Lalu pada babak kedua, sepasang gol yang masing-masing dicetak oleh Craig Goodwin dan Harry Souttar memastikan Timnas Indonesia angkat koper dari Piala Asia 2023. Enam fakta dan rekor yang bisa dipecahkan pun masih tertahan di buku sejarah.

--

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Fakta-Fakta Setelah Duel Australia Vs Timnas Indonesia

Timnas Indonesia kini masih mengantongi satu kemenangan saja dari 19 pertemuan kontra Australia. Tiga lainnya berujung imbang, sementara 15 pertandingan dimenangi kubu lawan.

Timnas Indonesia juga gagal menambah koleksi kemenangan yang kali terakhir dan satu-satunya didapat pada Agustus 1981 dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 1982.

Selain itu, Australia berhasil memperpanjang rekor tak terkalahkan melawan Timnas Indonesia menjadi sembilan kali.

 

3 dari 3 halaman

Berikutnya

Timnas Indonesia juga sudah kalah enam kali dari tujuh pertemuan melawan Australia, termasuk laga di Piala Asia 2023. Satu kemenangan dari sembilan laga pemungkas menambah derita Merah Putih tiap menghadapi negeri satu benua ini.

Buat Australia, kemenangan atas Timnas Indonesia membuat mereka kini mencatatkan tujuh kemenangan dari delapan laga di semua kompetisi.

Sumber: Berbagai sumber

Video Populer

Foto Populer