Sukses


3 Fakta Timnas Indonesia yang Berhasil Bikin Heboh di Piala Asia 2023: Skuad Termuda yang Sukses Ukir Sejarah!

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia menjadi salah satu kontestan yang menghadirkan banyak kejutan di Piala Asia 2023 meskipun langkahnya harus terhenti di babak 16 besar seusai kalah dari Australia.

Dalam duel yang berlangsung di Jassim bin Hamad Stadium, Al Rayyan, 28 Januari 2024, Timnas Indonesia tumbang empat gol tanpa balas lewat gol bunuh diri Elkan Baggott (12’) dan Martin Boyle (45’). Dua gol lainnya dicetak Craig Goodwin dan Harry Souttar di paruh kedua.

Sebelumnya, persaingan Grup D Piala Asia 2023 memang membuat Timnas Indonesia cukup pontang-panting. Mereka harus menghadapi lawan-lawan sulit yang memiliki rekam jejak mentereng di kejuaraan ini.

Hasilnya, anak asuh Shin Tae-yong meraih satu kemenangan atas Vietnam dengan skor 1-0. Sayangnya, Timnas Indonesia harus takluk dua kali saat berjumpa Irak dan Jepang dengan skor yang identik, yakni 1-3.

Terlepas dari hasil ini, ada beberapa catatan yang membuat Timnas Indonesia menjadi kontestan yang menghebohkan di ajang empat tahunan ini. Berikut Bola.com menyajikan ulasannya.

===

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Pertama Kali Lolos 16 Besar

Kesuksesan Timnas Indonesia melaju ke fase 16 besar Piala Asia 2023 menjadi fakta yang cukup menghebohkan. Apalagi, keberhasilan ini sekaligus menciptakan sejarah baru bagi skuad Merah Putih.

Pasalnya, dari empat partisipasi sebelumnya di Piala Asia, yakni pada edisi 1996, 2000, 2004, dan 2007, Timnas Indonesia paling mentok hanya bisa bersaing di fase penyisihan grup dan gagal lolos ke babak berikutnya.

Artinya, Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan berhasil menorehkan tinta emas di Piala Asia 2023. Ini menjadi kali pertama bagi skuad Garuda tampil di fase gugur.

3 dari 4 halaman

Skuad Termuda di Turnamen

Catatan lainnya yang sempat membuat heboh banyak pihak ialah nama-nama pemain yang dipilih oleh Shin Tae-yong. Sebagian besar pemain yang diangkut Timnas Indonesia termasuk berusia muda.

Sebab, Timnas Indonesia menjadi tim dengan rata-rata usia termuda di Piala Asia 2023. Berdasarkan data Transfermarkt, rata-rata usia skuad Garuda berada di angka 22,5 tahun.

Angka ini cukup mencengangkan karena mengungguli negara-negara elite Benua Kuning seperti Jepang (23,7 tahun), Uzbekistan (23,9 tahun), Arab Saudi (24,2 tahun), Irak (24,2 tahun ), dan Australia (24,8 tahun).

4 dari 4 halaman

Terselamatkan Hasil Laga Lain

Perjalanan Timnas Indonesia juga diwarnai dengan suasana yang dramatis. Pasalnya, setelah menjalani laga terakhir, para pemain, pelatih, dan para pendukungnya harus harap-harap cemas menanti hasil grup lain.

Momen ini tepatnya terjadi saat Grup F menghelat laga pamungkasnya yang mempertemukan antara Kirgizstan kontra Oman. Sejak menit kedelapan, Oman sudah unggul lewat gol Ali Al-Hassani.

Kehebohan pun meledak saat Joel Kojo sukses menyamakan kedudukan pada menit ke-80. Hasil ini memaksa laga berakhir imbang 1-1, sehingga Timnas Indonesia posisinya aman di urutan keempat klasemen peringkat ketiga terbaik.

Video Populer

Foto Populer